background img

APBD 2022 MENGACU VISI MISI WALIKOTA

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh berkomitmen bahwa alokasi anggaran dalam pembahasan APBD 2022 disusun dengan menyesuaikan visi misi walikota terpilih.

Hal itu disampaikan Abdulloh sebagai komitmen politik dari pihak legislatif sebagai mitra kerja pemerintah dalam melayani masyarakat, terutama menyangkut bidang kesehatan dan pendidikan yang menjadi janji politik kepala daerah saat mencalonkan diri di Pilkada serentak 2020 lalu.

Menurut Abdulloh, untuk saat ini pihaknya masih melakukan pembahasan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Ia menjelaskan, penyusunan APBD 2022 akan prioritas dengan menyesuaikan kondisi keuangan daerah dan visi misi walikota yang baru. Di mana penggunaan APBD mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2021-2024.

“Kami sudah alokasikan semua untuk pemenuhan visi misi walikota. Dasar pembahasan APBD 2022 adalah sudah mengacu pada RPJMD walikota terpilih periode 2021-2024. Seperti BPJS gratis dan subsidi pendidikan,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (4/8).

Menurut Abdulloh, dengan mempertimbangkan kondisi keuangan diperlukan penyesuaian terhadap kondisi anggaran lainnya saat program visi misi walikota ini jadi direalisasikan, karena kebijakan tersebut tentunya akan berdampak pada kondisi anggaran yang ada di OPD lainnya.

“Kami memberikan tanda bintang terhadap kegiatan anggaran yang tidak prioritas untuk diarahkan ke program RPJMD. Mana yang dikerjakan terlebih dahulu mana yang belum. Nanti begitu kondisi anggaran sudah masuk tanda itu akan kami lepas,” tutur politisi Partai Golkar ini.

Abdulloh mengaku optimis, bahwa APBD 2022 mampu membiayai program yang menjadi visi misi walikota terpilih saat ini. Karena proses penganggaran sudah mengukur dengan kemampuan keuangan daerah. Termasuk harapan perbaikan perekonomian di tahun depan pasca pandemi Covid-19.

“Kita akan mengukur keuangannya itu. Tapi kami optimis 2022 bisa terpenuhi sesuai visi misi walikota. Mudah-mudahan Covid-19 sudah tidak ada lagi jadi perekonomian bisa tumbuh.” ungkapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *