background img

APBD 2022 DIPROYEKSI 2,2 T

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Besaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan Tahun 2022 diproyeksi mencapai Rp 2,2 triliun.

Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh mengatakan, pihaknya saat ini telah menyelesaikan tahap akhir penyusunan Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk APBD 2022.

Menurutnya, berdasarkan kesepakatan yang dicapai oleh Badan Anggaran DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Kota Balikpapan, besaran plafon anggaran yang sepakati mencapai Rp 2,2 triliun.

Ia menjelaskan, bahwa ini masih bersifat umum dan akan dilakukan pembahasan lanjutan. Karena penyusunan APBD masih harus menyesuaikan dengan pendapatan daerah, bantuan keuangan provinsi dan dana transfer pemerintah pusat.

“Finalisasi APBD 2022 hari Jumat ini. Itu masih kebijakan umum terhadap anggaran yang akan diperoleh. Sementara detailnya tentu baru bisa kelihatan setelah penandatanganan kesepakatan tersebut,” katanya kepada wartawan, Kamis (26/8).

Ia menuturkan bahwa dalam melakukan pembahasan KUA-PPAS APBD 2022, dilakukan dengan menyesuaikan antara pendapatan yang masuk ke daerah dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Persetujuannya sudah di level Banggar dan TAPD. Tahapan berikutnya tinggal sinkronisasi, evaluasi dan tahapan-tahapan persidangan di DPRD Balikpapan,” jelasnya.

Adapun fokus penggunaan anggaran di tahun 2022 menurut Abdulloh, tetap berada di pos kesehatan, pendidikan dan proyek multiyears. Mengingat saat ini mayoritas anggaran di semua daerah digunakan untuk penanganan Covid-19 dan penyelenggaraan pendidikan jarak jauh sesuai instruksi dari Pemerintah Pusat.

“Ada tiga proyek multiyears yang akan dikerjakan pemerintah setelah pemangkasan. Yakni proyek penanganan banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ampal sebesar Rp 150 miliar, RSUD Sayang Ibu di Balikpapan Barat Rp 162 miliar dan pembangunan sekolah di Balikpapan Barat dan Selatan sebesar Rp 91 miliar,” tambahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *