background img

APBD 2021 PRIORITAS PEMULIHAN EKONOMI

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan akan memfokuskan penyusunan anggaran program di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 untuk menangani kebijakan pemulihan ekonomi.

“Sesuai dengan arahan dari Bapak Wali itu, mengarahkan agar di tahun 2021 itu agar program-program yang dibuat oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) itu lebih mengarah kepada melakukan recovery ekonomi,” kata Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Sayid MN Fadly ketika diwawancarai wartawan, Senin (8/6).

Ia mengatakan, bahwa dirinya telah menyampaikan kepada masing-masing OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, agar membuat seluruh usulan untuk program yang akan diusulkan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan Tahun 2021 lebih mengarah pada kebijakan untuk melakukan recovery ekonomi dan upaya tindak lanjut penanganan penyebaran Covid-19.

“Saya sudah meminta kepada masing-masing OPD untuk mengarahkan seluruh program yang ada pada proses penanganan pasca Covid-19, dengan tetap tidak melupakan pada tindak lanjut penanganan Covid-19 karena kita tidak tahu sampai kapan berakhirnya wabah ini,” jelasnya.
Kedua program ini yakni kegiatan pemulihan ekonomi dan tindak lanjut penanganan Covid-19 akan menjadi satu-satunya agenda utama dalam penyusunan APBD 2021.

Hal ini dilakukan menghidupkan kembali kondisi ekonomi di Kota Balikpapan yang terkena dampak yang cukup signifikan selama masa pandemi Covid-19. Di antaranya dengan membuat beberapa yang program pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti penyediaan modal usaha dan peningkatan kapasitas usahanya.

“Karena kita sadari, bahwa pandemi Covid-19 ini sudah menurun kondisi perekonomian kita, saya perkirakan APBD kita di tahun depan juga turun hingga 50 persen,” ujarnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *