background img

ANTREAN KLAIM JHT MENINGKAT

8 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Antrean masyarakat yang mengajukan klaim pencairan jaminan hari tua (JHT) di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Balikpapan meningkat.

Hal ini terjadi bersamaan dengan penerapan aturan Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 menetapkan pembayaran manfaat JHT diberikan saat usia peserta BPJS Ketenagakerjaan mencapai 56 tahun, termasuk bagi pekerja yang mengundurkan diri dan terkena PHK.
Akibat peningkatan ini, pihak manajemen BPJS Ketenagakerjaan membatasi jumlah antrean yang datang agar tidak terjadi kerumunan untuk mencegah penyebaran Covid-19.
“Kami batasi jumlah antrean, karena yang ambil antrean online saja sudah di atas 100,” kata Anam, salah seorang sekuriti di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Balikpapan ketika dikonfirmasi wartawan, Selasa (15/2).
Menurut Anam, pihaknya membatasi pengambilan antrean di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Balikpapan di pagi hari saja, menyesuaikan dengan tingkat kepadatan jumlah peserta yang mengajukan permohonan pencairan JHT.
Sementara itu, Muhammad Rizal, salah seorang peserta BPJS Ketenagakerjaan, dirinya mengajukan pencairan dana JHT karena sudah tidak bekerja.
Namun dirinya yang datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan sekitar pukul 10.30 Wita, harus datang lagi besok, karena nomor antrean sudah habis.
“Katanya nomor antrennya habis, jadi besok lagi,” ujarnya.
Ia menerangkan dirinya mencairkan dana JHT setelah adanya informasi, bahwa ada batasan umur pencairan yakni usia 56 tahun, meski telah dinyatakan berhenti atau PHK.
“Katanya bulan Mei terakhir, saya gak tahu uangnya mau dibuat apa harus ditahan-tahan,” ungkapnya
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.