background img

ANTISIPASI GEJOLAK HARGA, DISDAG GELAR PASAR MURAH

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Untuk mengantisipasi lonjakan harga sejumlah bahan pokok, Dinas Perdagangan Kota Balikpapan menggelar pasar murah di enam kecamatan.
“Sesuai dengan hukum ekonomi supply dan demand itu beriringan, masalahnya adalah ketika permintaan itu naik. Maka otomatis penawaran ini akan juga terdongkrak. Tapi hal itu perlu kita intervensi salah satunya adalah dengan melakukan pasar murah ini. Jadi inflasi kita itu tetap terjaga,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan Arzaedi Rachman kepada wartawan di lokasi pasar murah di kawasan Balikpapan Osean Square, Senin (11/4).
Ia berharap dengan adanya kegiatan pasar murah ini, kebutuhan masyarakat tetap aman selama bulan suci Ramadan.
Termasuk menjaga target inflasi di Kota Balikpapan akibat lonjakan harga, agar tetap berada pada angka di bawah 3 persen.
Adapun beberapa bahan pokok yang dijual di antaranya daging dengan harga paling tinggi, cuma Rp 110.000 per kilogram. Kemudian gula di harga Rp 14.000 di bawah harga pasar yang berkisar antara Rp17.000 hingga Rp18.000.
“Kita memang tidak bisa menyerang, meratakannya harga yang dijual dalam pasar murah ini tapi yang jelas harga yang jual di pasar murah ini di bawah harga pasar. Bahkan ada paket yang berisi beras 5 kilo, gula 1 kilo, dijual dengan harga cuma Rp68.000 saja. Dan ini sangat membantu ya karena dari beratnya saja sudah sebenarnya berapa 5 kilo itu,” terangnya.
Ia menerangkan bahwa kegiatan pasar murah ini dilaksanakan berkat kerjasama dengan distributor. Total ada 22 stand bahan pokok.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.