background img

ANGGARAN SELURUH OPD DIPANGKAS

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Untuk menutupi masalah kekurangan anggaran, seluruh alokasi anggaran untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan dipangkas.

Masing-masing anggaran OPD dipangkas sebesar 2,5 persen dari total anggaran yang telah dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan 2021.

Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Balikpapan Syukri Wahid mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan proses akhir pembahasan rasionalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD P) Kota Balikpapan tahun 2021.

Menurutnya, pihaknya telah menyusunkan sejumlah strategi bersama pemerintah kota untuk menutupi potensi defisit anggaran yang terjadi seperti membatalkan rencana alokasi anggaran untuk belanja pembebasan lahan, kemudian memotong anggaran yang telah dialokasikan di setiap OPD sebesar 2,5 persen.

“Kita menutupi defisit yang diambil dari rasio belanja pembebasan lahan, dan dari pemotongan 2,5 persen per OPD,” kata Sukri kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Balikpapan, Rabu (25/8).

Pemotong alokasi anggaran sebesar 2,5 persen diberlakukan kepada seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemkot Balikpapan dari dinas, badan hingga kecamatan. Khusus untuk anggaran kelurahan dikecualikan. “Pemotongan sebesar 2,5 persen ini diberlakukan bagi seluruh OPD kecuali kelurahan,” jelasnya.

Ia menambahkan pihaknya saat ini juga masih bersama tim anggaran pemerintah kota tengah membahas untuk memangkas sejumlah kegiatan yang masih ada, agar dapat dialihkan untuk menutupi defisit.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *