background img

ANGGARAN PERBAIKAN PJU TUNGGU APBD P

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana mengalokasikan anggaran pemeliharaan lampu penerangan jalan umum (PJU) dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2021.

Rencana ini menindaklanjuti banyaknya PJU yang padam atau mengalami kerusakan, namun tetap dibiarkan karena tidak adanya anggaran untuk melakukan pemeliharaan, karena sebagian besar anggaran dialihkan penggunaannya untuk penanganan Covid-19.

“Kita harapkan nanti di APBD Perubahan semua bisa teratasi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana kepada wartawan, Rabu (9/6).

Menurutnya, selama pandemi Covid-19 besaran anggaran yang dialokasikan untuk pemeliharaan PJU menurun menjadi Rp 2 miliar pada tahun 2021.

Jumlah tersebut menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang sempat mencapai Rp 6 miliar.

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri No 130 Tahun 2018, untuk penerangan jalan umum di bawah 4 meter diserahkan kepada pihak Kelurahan.

Sedangkan Dinas perhubungan hanya menangani untuk penerangan jalan umum di atas 4 meter.

Kebijakan tersebut kemudian menimbulkan sejumlah persoalan khusus di tingkat kelurahan, karena banyak kelurahan yang tidak memiliki tenaga teknis untuk melaksanakan kegiatan pemeliharaan. Bahkan, sebagian besar anggaran di Kelurahan dialihkan penggunaannya untuk penanganan Covid- 19.

“Untuk persoalan masalah proses penanganan perbaikan yang ada di tingkat Kelurahan, kita sudah berkoordinasi dengan Bappeda.

Sebenarnya siapa pun yang mengerjakan baik Kelurahan ataupun Dishub, bisa saja. Cuma kan memang saat ini kondisinya adalah masalah ketersediaan anggaran,” ungkapnya.

Anggaran pemeliharan yang diajukan dalam penyusunan APBD P tahun 2021 tersebut juga meliputi kegiatan pergantian lampu yang ada, yang saat ini masih menggunakan lampu LHE diganti dengan lampu LED.

Ia menerangkan, dari 11 ribu PJU yang sudah terpasang, hanya ada sekitar 3 ribu buah yang masih menggunakan LHE. Sisanya sudah dilakukan penggantian menggunakan lampu LED.

“Rencananya di tahun ini, kita akan ajukan ke APBD Perubahan untuk pergantiannya, sehingga semua yang LHE tadi bisa berubah menjadi LED semuanya,” tuturnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *