background img

ANGGARAN BPJS GRATIS 18,8 M

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – DPRD Kota Balikpapan masih terus melakukan pembahasan terhadap anggaran BPJS kesehatan gratis untuk dimasukan dalam APBD perubahan tahun 2021, sebagai realisasi atas visi misi Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan, Iwan Wahyudi mengatakan, masih ada sejumlah persoalan yang perlu diselesaikan sebelum program BPJS kesehatan gratis direalisasikan, khususnya terkait kondisi anggaran daerah menyangkut rencana belanja dengan potensi pendapatan yang bisa dicapai. Sebab jika belanja melebihi kemampuan anggaran otomatis akan menyebabkan defisit.

“Kami masih pembahasan mengenai APBD perubahan. Sementara mengevaluasi dulu program-program yang bakal dianggarkan. Karena ada beberapa poin-poin yang harus kita bahas lebih dalam. Kami akan bahas di tingkat internal dulu soal tersebut,” katanya kepada wartawan, Senin (6/9).

Dari sejumlah pembahasan yang dilakukan, lanjut Iwan, rencana belanja memang lebih tinggi dibanding alokasi anggaran yang tersedia. Maka pihak DPRD belum bersepakat terhadap sejumlah program yang menggunakan APBD perubahan 2021. Apalagi masih cukup banyak kebutuhan pembangunan di masyarakat yang belum terpenuhi.

“Intinya kan semua aspirasi masyarakat sedapat mungkin direalisasikan. Apalagi untuk APBD perubahan ini ada visi misi walikota yang baru dilantik. Seperti penggratisan BPJS kesehatan dan pembangunan sekolah. Ini yang masih terus kita bahas bersama agar tidak terjadi defisit,” tutur politisi dari PPP ini.

Menurutnya, pihak DPRD akan menentukan terlebih dahulu skema penggunaan APBD perubahan 2021 ini. Di mana skema tersebut akan menentukan seimbangnya neraca keuangan daerah. Termasuk di dalamnya soal belanja dan pendapatan yang diperoleh pemerintah setempat.

“Khusus BPJS kalau dilihat dari rancangannya sudah ada. Anggarannya sekitar Rp 18,8 miliar untuk 3 bulan mulai Oktober hingga Desember mendatang. Nanti rencana belanja itu disesuaikan dulu dengan pendapatan. Harus imbang jangan sampai defisit,” tambahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *