background img

ADU KREASI DAUR ULANG SAMPAH

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Masih dalam rangkaian memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77, PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Balikpapan berkolaborasi dengan Karang Taruna Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat menggelar lomba kreasi daur ulang sampah tingkat kelurahan.
Kegiatan berlangsung di Kampung Nelayan Berdasi RT 03, Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat. Diikuti 28 peserta dari 17 RT yang ada di Kelurahan Kariangau. Berbagai macam kreasi dari barang bekas atau sampah yang dapat didaur ulang ditampilkan di hadapan dewan juri.
HSSE Integrated Terminal Balikpapan Catur Yogi Prasetyo mengatakan, kegiatan ini mengusung tema semangat perjuangan melestarikan bumi, kita jalin kebersamaan menuju Indonesia maju.
“Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi program pemberdayaan masyarakat antara Karang Taruna Kelurahan Kariangau dengan Pertamina. Sekaligus memeriahkan semangat perjuangan Kemerdekaan RI ke-77,” kata Catur dalam keterangan persnya, Rabu (24/8).
Dia berharap dengan adanya lomba kreasi daur ulang sampah ini membuat masyarakat lebih sadar dan peduli terhadap pengelolaan sampah, khususnya sampah rumah tangga.
“Makna dari kemerdekaan ini harapannya tidak hanya merdeka dari penjajah, tetapi juga merdeka dari sampah. Semoga lomba ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kelurahan Kariangau dan menjunjung sportivitas antar warga,” ungkapnya.
Lurah Kariangau M Iskandar mengapresiasi kegiatan yang digelar Pertamina dengan Karang Taruna Kariangau tersebut. Dia berharap kegiatan ini ke depan bisa lebih ditingkatkan lagi, agar mengurangi produksi sampah di wilayah Kariangau.
“Saya berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut. Gasil-hasil karya warga ini nantinya bisa menjadi nilai ekonomis dan dapat dipasarkan, sehingga menjadi pemasukan untuk rumah tangga,” tutur Iskandar.
Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Susanto August Satria menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu kolaborasi yang baik antara Pertamina, pemerintah daerah serta stakeholder terkait dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah.
“Kegiatan ini juga merupakan salah satu tanggung jawab sosial perusahaan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak untuk semua,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.