background img

ADA MASALAH, APA OBATNYA?

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dalam hidup kita, pastilah terjadi banyak masalah dan ujian. Terkadang kita merasa hidup begitu berat bahkan seolah tak pernah terlihat jalan keluar.

Kita mungkin akan selalu bertahan menjalaninya dengan perasaan yang beraneka ragam. Mungkin pasrah, mungkin dengan berharap kelak ada jalan keluar dan mungkin dengan putus asa.

Maka jika kita sudah sampai batas yang tidak bisa ditoleransi oleh akal kita, jangan pernah lupa bahwa sesungguhnya Allah tidak membebani di luar batas kemampuan.

“Sesungguhnya hidup adalah masalah dan setiap orang yang siap untuk menghadapi hidup dia harus siap menghadapi masalah kalau tidak siap menghadapi masalah jangan hidup,” kata ustadz Khusnul Afif dalam program Lentera Qolbu yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim di Radio KPFM Balikpapan, Selasa (4/5).

Menurutnya, sesungguhnya Allah menjadikan kita ini adalah makhluk yang aslinya bukan penduduk bumi, kita ini adalah penduduk surga karena ada beberapa mekanisme yang harus dijalani akibat kesalahan, maka yang harus menjalani masa karantina sementara di dunia untuk menguji untuk membuktikan bahwa manusia ini betul-betul sebagai penduduk surga maka dia diberikan kecenderungan untuk melakukan perbuatan baik dan buruk.

Dalam perjalanan manusia itu karena dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang ekstra luar biasa dibanding makhluk-makhluk yang lain. Sehingga kecenderungannya akan memiliki banyak masalah dibanding makhluk-makhluk yang lain, karena dia memiliki akal, kemudian memiliki nafsu, insting dan dia juga daya karsa atau kemampuan untuk menginginkan sesuatu.

Dalam kehidupannya, manusia itu sejak lahir hingga dia mati itu selalu menimbulkan masalah.

Solusi yang pertama adalah dengan menghadirkan Al Quran sebagai obatNya. Maka siapapun yang membaca Al Quran kemudian merenungi dan mengamalkan seperti apa yang diinginkan oleh Allah, maka urusannya selesai.

Yang kedua, Rasulullah menjelaskan bahwa setiap penyakit yang ada di dalam kehidupan manusia itu ada obatnya, kecuali kematian dan tua yang tidak ada obatnya. Karena berkaitan dengan usia dan jatah usia, untuk itu dianjurkan bersedekah agar terhindar dari keburukan.

Solusi berikutnya adalah puasa kemudian salat. Karena di dalam salat itu ada doa yang isinya 8 poin yang jika digabungkan akan selesai urusannya.

“Robbi Firli warhamni wajburni warfa’ni warzuqni wahdini wa’afini wa’fu Anni, sehat kan aku Allah, akan selesai jika 8 unsur ini dipenuhi oleh Allah dalam doa salat Nya maka semua unsur kehidupannya tidak ada masalah,” terangnya.

Dan kemudian yang menjadi kunci utama dalam menghadapi masalah adalah agar mendapatkan penyelesaian yang cepat yaitu istighfar atau taubat.

(MAULANAKPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *