background img

800 LEBIH JENAZAH COVID DI TPU KM 15

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemakaman jenazah dengan protokol kesehatan Covid-19 di Kota Balikpapan masih cukup tinggi, yakni mencapai 39 jenazah pada Senin, 12 Juli 2021 kemarin.
Angka tersebut yang tertinggi atau rekor baru dalam kasus kematian harian sejak awal pandemi melanda Kota Balikpapan.

“Iya, kamarin rekor mas untuk kematian harian sejak pandemi,” kata Fajar Sulaiman, ketua tim pemakaman pasien Covid-19 Kota Balikpapan saat ditemui di Tempat Pemakaman Umum (TPU) KM 15 Balikpapan Utara (Balut), Selasa (13/7).

Dari pantauan KPFM di lokasi, sejumlah ambulance silih berganti membawa jenazah untuk kemudian dimakamkan sesuai prosedur.

Terlihat juga sejumlah petugas pemakaman lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD) melakukan proses pemakaman.

Alat berat mini juga dikerahkan untuk melakukan penggalian makam agar lebih cepat. Seiring dengan kebutuhan lubang makam yang meningkat tajam.

Kasus Covid-19 yang mengganas beberapa pekan terakhir ini memang membuat aktivitas di TPU Km 15 ini tak kunjung henti.

Pada Selasa hari ini saja (13/7) hingga waktu siang sudah 20 jenazah yang siap dikebumikan. Baik dari sejumlah rumah sakit rujukan pasien Covid-19, juga yang meninggal saat isolasi mandiri.

Dengan penambahan tersebut, maka total jenazah yang dimakamkan dengan protokol kesehatan di TPU Km 15 Balikpapan Utara telah mencapai 800 lebih jenazah.

“Sejak awal pandemi sudah sekitar 861 jenazah yang dimakamkan sesuai protokol Covid-19 di TPU ini. Itu baru yang muslim, belum termasuk yang non-muslim,” ucap Fajar.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *