background img

80 % PASIEN COVID BERGEJALA RINGAN DAN TANPA GEJALA

8 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Selama sepekan perkembangan kasus Covid-19 di Kota Balikpapan mengalami kenaikan cukup signifikan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti selaku Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Kota Balikpapan meminta kepada masyarakat untuk tidak panik dengan lonjakan jumlah kasus Covid-19.
Hal itu karena meski terjadi peningkatan, sebagian besar kasus Covid-19 yang ditemukan adalah pasien untuk yang bergejala ringan dan tanpa gejala.
“Memang sekarang kalau melihat perkembangan hasil vicon kemarin beberapa daerah memang sedang meningkat termasuk di Kota Balikpapan. Namun demikian dari kasus yang meningkat ini 80% bergejala ringan dan tanpa gejala,” kata perempuan yang akrab disapa Dio ini kepada wartawan, Senin (14/2).
Ia menyampaikan berdasarkan arahan dari Menteri Kesehatan, meminta kepada pasien Covid-19 yang tidak bergejala
untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.
Lalu, untuk pasien yang bergejala ringan untuk melakukan isolasi di tempat isolasi di fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah. Sedangkan untuk pasien yang bergejala berat dirawat di rumah sakit.
“Bagi yang tidak bergejala itu di rumah, sedangkan untuk yang bergejala ringan masuk isoter (isolasi terpadu) yang sudah disiapkan oleh pemerintah kota di Hotel Tiga Mustika. Dan untuk pasien yang berbicara berat akan ditangani oleh rumah sakit. Jadi sudah terbagi kriterianya,” jelasnya.
Khusus bagi pasien tidak bergejala yang melakukan isolasi mandiri di rumah, akan dilakukan pemantauan oleh Puskesmas dalam memastikan kesehatan yang bersangkutan.
“Jadi bagi masyarakat yang mengalami gejala ringan dan tidak bergejala agar tidak panik. Memang untuk saat ini naik ya, tapi paling banyak itu berasal dari pasien yang tidak bergejala dan bergejala ringan,” terangnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.