background img

7 PUSKESMAS DISIAGAKAN SELAMA LIBUR LEBARAN

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dinas Kesehatan Kota Balikpapan menyiagakan tujuh puskesmas selama libur Lebaran tahun 2022 ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Andi Sri Juliarti mengatakan, tujuh puskesmas yang disiagakan tersebut merupakan puskesmas 24 jam, di antaranya Puskesmas Damai, Puskesmas Karang Rejo, Puskesmas Baru Tengah, Puskesmas Gunung Samarinda, dan Puskesmas Teritip.

“Selama libur Lebaran 7 Puskesmas 24 jam yang ada di tiap kecamatan itu buka, tidak ada libur sampai selesai jadwal libur Lebaran,” kata Dio ketika diwawancarai wartawan, Jumat (29/4).

Menurut Dio, pada masing-masing Puskesmas 24 jam tersebut akan disiagakan dokter jaga dan petugas medis lainnya yang siap melayani kejadian gawat darurat.

“Petugas medis akan bekerja secara shift sesuai dengan jadwal yang sudah ada, sehingga tidak ada perubahan dari jadwal yang sudah ditetapkan, dan saya tekankan dibatasi yang cuti,” ujarnya.

Selain ketujuh puskesmas tersebut, pihaknya juga akan menyiagakan masing-masing satu puskesmas biasa di tiap kecamatan untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran pada tahun ini.

Termasuk mengoperasikan sejumlah posko pelayanan kesehatan di antaranya di Pelabuhan Ferry Kariangau dan Terminal Bus Batu Ampar. Tiap posko ini juga melayani layanan pemberian vaksinasi bagi pemudik.

“Di tiap kecamatan kita tambah lagi satu puskesmas biasa juga kita buka. Selain itu kita juga melekat di posko-posko yang ada di antaranya di terminal, pelabuhan Ferry. Malah di posko tersebut kita tambah layanan vaksin. Untuk pelayanan vaksin tidak ada yang libur, hanya ada tutup di tanggal 2 Mei,” ujarnya.

Ia menyampaikan berdasarkan pengalaman di tahun sebelumnya, kejadian yang paling diwaspadai adalah kejadian kecelakaan di jalur mudik yakni di kawasan Jalan Soekarno Hatta yang merupakan jalur lalu lintas provinsi bagi para pemudik.

Selain itu, pihaknya juga akan memfokuskan pengawasan di sekitar lokasi tempat wisata Pantai Manggar yang diperkirakan akan mengalami peningkatan jumlah pengunjung.

Di Pantai Manggar, Dinas Kesehatan akan membangun posko untuk memberikan pelayanan kepada para pengunjung, sehingga dapat lebih cepat dalam setiap kejadian.

“Kami juga akan bangun posko di lokasi pantai Manggar, sehingga dapat lebih meningkatkan pengawasan terhadap kejadian yang terjadi,” jelasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.