background img

7 PELAKU KEJAHATAN MANUSIA DIBEKUK

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Satuan Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang (Satgss TPPO) Polda Kaltim yang dibentuk sejak 6 Juni 2023 lalu bergerak cepat.

Dalam beberapa hari saja, enam kasus kejahatan manusia berhasil diungkap oleh tim Satgas yang dipimpin Waka Polda Kaltim Brigjen Pol Mujiyono itu. Dengan membekuk tujuh orang tersangka.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo merincikan, pengungkapan kasus tersebut tersebar di beberapa wilayah, seperti Balikpapan, Bontang dan Paser.

“Kami mengamankan pelaku dari Balikpapan satu orang, Paser empat orang, dan Bontang dua orang,” kata Yusuf dikonfirmasi, Jumat (8/6).

Dalam aksinya, para pelaku sebagian besar memanfaatkan korbannya menjadi pekerja seks komersil. Di mana tidak sedikit korbannya yang masih di bawah umur.

Yusuf mencontohkan, kasus kejahatan di Bontang. Dari dua pelaku yang diamankan, menjajakan korbannya yang masih di bawah umur untuk menjadi pekerja seks komersil.

“Apakah mereka ini sindikat atau gimana, masih kami dalami atau dikembangkan. Nanti akan kami ekspos perkembangannya,” ungkapnya.

Yusuf melanjutkan, yang menjadi atensi dari Satgas TPPO di antaranya modus bekerja sebagai asisten rumah tangga, eksploitasi anak di bawah umur, hingga dipekerjakan keluar negeri.

“Memang di Kaltim ini belum sampai pada perdagangan orang keluar negeri, baru tingkat regional. Tapi kita berupaya untuk memberantas juga mencegah kejahatan perdagangan orang di Kaltim,” ucapnya.

FREDY JANU/ KPFM

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *