background img

69,7 M UNTUK BPJS GRATIS

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sekitar Rp 69,7 miliar anggaran yang akan dialokasi untuk membiayai penyediaan program BPJS Kesehatan gratis di Kota Balikpapan.

Program BPJS Kesehatan gratis menjadi salah satu prioritas utama dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan Tahun 2022, yang merupakan salah satu visi dari Wali Kota Balikpapan yang baru, Rahmad Mas’ud.
“Jadi anggaran yang disampaikan tadi mencapai Rp 69,7 miliar, untuk membiayai program BPJS kelas 3 masyarakat kota Balikpapan,” kata Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Balikpapan Iwan Wahyudi di sela-sela rapat pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kota Balikpapan Tahun 2022 di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Selasa (27/7).
Menurut Iwan, anggaran sebesar Rp 69,7 miliar tersebut mencakup pembiayaan untuk peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) Kota sebesar Rp 7,2 miliar dan Rp 62,7 miliar untuk masyarakat yang akan menerima bantuan iuran BPJS Kesehatan kelas 3.
Khusus bagi masyarakat yang sudah ditangani melalui program JKN KIS yang dibiayai oleh pemerintah pusat, termasuk juga masyarakat yang sudah tercover dalam program PBI dari pemerintah provinsi tidak akan ditanggung.
“Kita berharap program ini dapat berjalan dengan baik. Tidak sampai terjadi overlapping. Yang kami harapkan adalah mereka yang betul-betul membutuhkan, yang menerima program ini. Bukan mereka yang sudah mampu untuk mandiri,” terangnya.
Untuk pelaksanaan program ini nanti, anggaran yang sudah dialokasikan akan dilaksanakan melalui Dinas Kesehatan. Sedangkan untuk pelaksanaan pendataan akan melibatkan Dinas Sosial.
Anggaran sebesar 69 miliar tersebut diperkirakan akan mampu membiayai sekitar 91.000 jiwa yang ada di Kota Balikpapan.
Jumlah tersebut didapat berdasarkan data jumlah warga yang terdaftar dalam program Peserta BPJS Mandiri kelas 3 di Kota Balikpapan.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *