background img

69 RIBU KK TERIMA BST

12 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sebanyak 69.489 Kepala Keluarga (KK) di Kota Balikpapan dijadwalkan akan menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) pada pekan ini.

BST ini merupakan bantuan sosial tahap 5, 6 dan 7 yang dibagikan bagi warga terdampak Covid-19 yang tersebar di 34 kelurahan di Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan mengatakan, pembagian BST dijadwalkan pada pekan ini dengan melibatkan kantor pos sebagai lokasi penyerahan.

Rencananya setiap KK akan mendapatkan Rp 750.000 untuk tiga bulan dengan rincian Rp 250.000 per bulannya.

“Minggu ini rencana kita akan membagikan BST tahap 5, 6 dan 7 langsung sekaligus tiga tahap nilainya Rp 750.000 per kepala keluarga,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (3/11).

Jumlah penerima BST pada tiga tahap terakhir ini, lanjut Rizal, sebanyak 69.489 Kepala Keluarga.

Sedangkan pendistribusiannya kembali bekerjasama dengan Kantor Pos yang beroperasi di Kota Balikpapan.

“Pendistribusiannya kami bekerjasama dengan Kantor Pos se-Balikpapan. Rencananya minggu ini akan dilaksanakan pembagiannya,” tuturnya.

Menurut Rizal, saat ini pihaknya sudah menginstruksikan kepada masing-masing lurah yang tersebar di 34 kelurahan se-kota Balikpapan agar menyampaikan hal ini kepada RT.

Pihak RT akan bertugas mempersiapkan warganya yang menjadi penerima BST yang diberikan sebesar Rp 750.000 untuk setiap Kepala Keluarga.

“Tadi sudah disampaikan kepada lurah agar segera mempersiapkan menyampaikan kepada RT bahwa minggu ini akan dilakukan pembagian BST dari dana APBD Kota Balikpapan,” terangnya.

Rizal juga menambahkan bahwa seluruh proses penggunaan anggaran untuk Covid-19 yang dilakukan pihaknya sudah sesuai aturan yang berlaku. Bahkan semua laporan penggunaan anggaran untuk penanganan Covid-19 telah dimasukan dalam aplikasi sehingga dapat dengan mudah diakses untuk masyarakat umum.

“Semuanya terbuka, tidak ada yang ditutup-tutupi. Sudah terbuka diakses oleh masyarakat umum,” tambahnya

Ia menerangkan, total anggaran yang disiapkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan untuk membiayai program BST ini tercatat mencapai Rp52.116.750.000, yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan.

(MAULANA/KFPM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *