background img

6 PENCURI DIBEKUK SAAT BERAKSI

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sebanyak enam remaja berinisial AS (23), MT (19), AR (19), RH (25), MR (19), dan TR (18), tak berkutik saat digiring Tim Ganteng-Ganteng Sektor Barat (GGSB) ke Mapolsek Balikpapan Barat pada Rabu (10/3) lalu.

Mereka tertangkap tangan saat sedang beraksi di sebuah rumah kosong yang berada di Jalan 21 Januari RT 48, Baru Tengah, Balikpapan Barat sekira pukul 12.00 Wita.

“Mereka ini pelaku curat atau pencurian dengan pemberatan. Ditangkap dalam satu lokasi karena tertangkap tangan saat sedang beraksi,” kata Kapolsek Balikpapan Barat AKBP Imam Tauhid saat pers rilis, Selasa (23/3) kemarin.

Saat beraksi, para pelaku sejatinya berjumlah delapan orang. Namun yang dibekuk saat itu hanya enam. Sementara dua pelaku lainnya berhasil kabur.
“Ada dua yang kabur. Mereka sudah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) pihak kepolisian,” ujar Imam Tauhid.
Setelah dilakukan pendalaman, para pelaku rupanya telah beberapa kali menggasak rumah tersebut. Terhitung sejak 7 Februari 2021, dan berakhir pada 10 Maret 2021.

“Sudah empat kali mereka melakukan pencurian di situ. Selain di rumah, mereka juga mengambil barang-barang yang ada di gudang sebelah rumah,” ungkapnya.

Pelaku, lanjut Imam Tauhid, memang sangat leluasa mengambil barang-barang bernilai yang ada di rumah dan di gudang. Sebab penghuninya pergi untuk sementara waktu.

“Banyak barang yang diambil, seperti genset, tabung gas, kompor, televisi, mesin cuci, kipas angin, laptop, uang mas kawin dalam bingkai kaca dan barang berharga lainnya. Total kerugian mencapai Rp 16,2 juta lebih,” sebutnya.
Kepada petugas, seorang pelaku berinisial AS mengaku bahwa saat itu dirinya kebetulan melihat rumah tersebut kosong. Niat jahat pun muncul seketika. “Hasilnya dibagi-bagi. Kalau saya buat beli rokok sama makan aja sehari-hari,” ucapnya singkat.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman kurungan penjara maksimal tujuh tahun.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *