background img

58 ANAK KEHILANGAN ORANG TUA KARENA COVID

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Sosial (Dinsos) terus melakukan pendataan terhadap anak-anak yang kehilangan orang tuanya akibat terpapar Covid-19.

Kepala Dinsos Kota Balikpapan Purnomo membenarkan hal tersebut. Dikatakan, pendataan dilakukan melalui kelurahan. Sejauh ini yang sudah terdata sekitar 58 anak.

“Pendataan masih berlangsung di kelurahan. Informasi terakhir sudah sekitar 58 anak yang kehilangan orang tuanya karena Covid,” kata Purnomo melalui sambungan telepon, Senin (23/8).

Anak-anak tersebut, lanjut Purnomo, ada di antaranya yang yatim, piatu, dan yatim piatu. Usinya di bawah 18 tahun. “Data masih terus di kumpulkan. Akhir Agustus ini diharapkan sudah tuntas,” ujarnya.

Usai pendataan, selanjutnya pemerintah bakal mencarikan solusi agar anak-anak ini tetap bisa melanjutkan pendidikannya bagi yang masih berusia sekolah.

Sejumlah opsi pembiayaan juga sudah mulai dipikirkan. Mulai dari anggaran pusat, provinsi hingga APBD Kota Balikpapan.
“Kan ada juga program keluarga harapan dari Kemensos. Intinya nanti dicarikan solusi supaya pendidikan mereka terjamin, masih bisa melanjutkan sekolah,” ungkapnya.

Pemerintah juga akan kembali memilah anak yang kehilangan orang tuanya tersebut. Apakah ada yang tinggal sendirian maupun yang tinggal bersama keluarga atau kerabatnya.

“Kalau tinggal bersama kerabat atau keluarga nanti dilihat apakah mampu atau tidak. Untuk mereka yang tinggal sendirian diupayakan bisa tinggal di panti,” ucap Purnomo.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *