background img

521 PKL PANDANSARI DITERTIBKAN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana mulai merelokasi sebanyak 521 Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Pandansari, pada 22 hingga 23 Juni 2021.

“Kita akan melakukan penertiban PKL Pasar Pandansari sesuai dengan SK Wali Kota Balikpapan. Dalam SK tersebut ada beberapa lokasi yang dilarang untuk berjualan,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan Arzaedi Rachman kepada wartawan , Senin (21/6).

Ia menjelaskan, lokasi yang akan ditertibkan, yakni area dalam pagar pasar sebanyak 145 pedagang, depan pasar sebanyak 328 pedagang, sekitar depan toko Rindu sebanyak 40 pedagang dan sekitar Bank Danamon sebanyak 8 pedagang. Total ada sekitar 521 pedagang yang akan ditertibkan.

Dia menuturkan, rencana penempatan untuk para pedagang akan dilakukan di dalam Gedung Pasar Pandansari. Untuk petak yang telah disediakan oleh pemerintah sebanyak 971 petak, terdiri dari lantai 1, 2 dan 3.

“Untuk lantai 1 terdapat blok A1 dengan jumlah petak tersedia sebanyak 24 dan B1 sebanyak 165 petak, lalu lantai 2 terdapat blok A2 dengan jumlah petak tersedia sebanyak 57 dan B2 sebanyak 380 petak, kemudian lantai 3 terdapat blok B3 dengan jumlah petak tersedia sebanyak 345 petak,” tuturnya.

Arzaedi mengungkapkan, untuk melakukan operasi penertiban tersebut Dinas Perdagangan akan bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan ditambah dukungan dari TNI/Polri.

Dirinya menambahkan, sebanyak 248 personel akan dilibatkan dalam pelaksanaan penertiban selama dua hari, mulai Selasa dan Rabu. Setelah pasca penertiban Dinas Perdagangan akan bekerjasama dengan Satpol PP dibantu TNI/Polri.

“Untuk melakukan pengawasan di area Pasar Pandansari, agar para PKL tidak lagi keluar untuk berjualan di area yang dilarang. Dengan jumlah petugas sebanyak 48 orang, terhitung Mulai 24 hingga 30 Juni 2021,” tutupnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *