background img

5 RIBU ORANG BERTOLAK DARI SAMS SEPINGGAN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Periode larangan mudik Lebaran 2021 telah berakhir. Mulai hari ini, Selasa (18/5), sarana transportasi kembali beroperasi untuk umum dengan kebijakan pengetatan syarat perjalanan.

Untuk transportasi udara, situasi tampak ramai di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. Ribuan pelaku perjalanan berdatangan sejak pagi hari di terminal keberangkatan.

General Manajer Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Barata Singgih Riwahono mengatakan, hari ini merupakan pertama masuk periode pengetatan pasca Lebaran. Dalam periode ini, pengguna jasa transportasi udara tidak lagi menggunakan surat izin berpergian.

“Sehingga pada hari ini prediksi kami penumpang pesawat baik itu yang datang maupun yang pergi alami puncaknya,” kata Barata kepada wartawan.

Data terakhir yang tercatat per tanggal 17 Mei 2021 pukul 17.00 Wita, sebanyak 5.134 orang yang melakukan reservasi tiket penerbangan di sejumlah maskapai.
“Angka lima ribu ini adalah keberangkatan saja. Data reservasi ini bisa kita pantau data keberangkatan.

Kalau jumlah dengan kedatangan, datanya baru akan terkumpul setelah jam operasional Bandara selesai.

Prediksi kami tidak berbeda jauh sebelum hari pertama larangan mudik, kurang lebih 13 ribuan,” ungkapnya.

Ribuan penumpang tersebut diangkut oleh puluhan maskapai yang saat ini sudah mulai mengaktifkan kembali armadanya, seperti Garuda, Lion Air, Citilink, Sriwijaya dan lainnya.

“Jumlah pesawat yang beroperasi hari ini, untuk yang berangkat itu ada 48 pesawat. Kemudian yang datang ada 43 pesawat pada hari ini,” ucapnya.

Tingginya aktivitas penumpang tersebut diprediksi masih akan terus berlangsung hingga 24 Mei 2021 mendatang. “Paling tertinggi atau puncaknya hari ini. Tapi prediksi peningkatan jumlah penumpang sampai tanggal 24 Mei,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *