background img

BALIKPAPAN DIKEPUNG BANJIR

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan sejak dini hari Kamis (25/8) kembali membuat banjir di sejumlah kawasan. Salah satunya di Jalan MT Haryono, tepatnya Gang Mufakat. Beberapa rumah warga terendam banjir setinggi 80 centimeter hingga satu meter.
“Di sini kalau hujan memang pasti banjir. Hari ini hujannya cukup lama, sehingga ketinggian air 80 centimeter sampai satu meter,” kata Agus, warga Gang Mufakat.
Selain itu, banjir juga terjadi di kawasan Jalan Beller, Gunung Sari, Balikpapan Kota, Jalan A Yani, Gang Mandor Jalan Soekarno-Hatta Km 17 Balikpapan Utara, hingga di Jalan Mulawarman, Balikpapan Timur.
Pada titik-titik tersebut, tampak petugas SAR Gabungan bersiaga dan melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak banjir. Sebagian juga tampak mengatur lalu lintas.

CATATAN BMKG
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan mencatat tingginya curah hujan dengan durasi puncak hujan kurang lebih 1 jam 42 menit (curah hujan tertakar 190 mm, Red) di wilayah Kota Balikpapan, pukul 01.25 Wita hingga 04.56 masih berupa hujan ringan dan belum berhenti.
Puncak hujan terjadi antara pukul 02.42 Wita sampai dengan 04.00 Wita. Kejadian ini menyebabkan menggenangnya air sehingga merendam beberapa pemukiman warga dan jalanan di sebagian wilayah Kota Balikpapan.
Kepala BMKG Balikpapan Erika Mardiyanti mengatakan, berdasarkan hasil kondisi dinamika atmosfer, teridentifikasi adanya pola sirkulasi pusaran angin (Eddy Circulation, Red) di Selat Makassar. Dan pola shearline serta konvergensi yang cukup lokal (925-850 mb) di wilayah Balikpapan dan sekitarnya.
“Selain itu kondisi kelembaban udara yang cukup tinggi di lapisan atas membuat Kota Balikpapan dan sekitarnya menjadi tempat yang subur bagi pertumbuhan awan dan hujan,” ucapnya.
Sebelumnya BMKG sudah memberikan peringatan dini oleh duty Forecaster Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan Balikpapan sebanyak dua kali mulai 24 Agustus 2022 pukul 23.49 Wita hingga 25 Agustus 2022 pada pukul 04.24 Wita.
“Peringatan dini ini telah disampaikan dan diterima oleh BPBD, Basarnas, TNI, Polri dan stakeholder lainnya melalui WhatsApp Grup Info BMKG Kaltim, info cuaca maritim Kaltim,” tandasnya.

Fredy/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.