background img

40 RIBU E-KTP BALIKPAPAN MENUMPUK

4 years ago written by

BALIKPAPAN KPFM – Ribuan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) ternyata masih banyak yang menumpuk di kantor-kantor kecamatan Balikpapan. Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan Chairil Anwar saat diwawancarai, Rabu (21/2).

Dia mengatakan, ada sekitar 40 ribuan e-KTP yang mengendap di seluruh kantor kecamatan Balikpapan. Padahal, dari pihak kelurahan dan RT sudah menyosialisasikan ke warganya untuk mengambil e-KTP di kecamatan masing-masing. “Bagi warga Balikpapan yang memegang resi dan surat keterangan pembuatan e-KTP mohon segera mengambilnya,” ujarnya.

Chairil melanjutkan, berdasarkan informasi yang didapat, salah satu hal yang menyebabkan e-KTP menumpuk adalah banyaknya warga yang pindah ke luar kota Balikpapan sebelum e-KTP tercetak. “Sebagian besar e-KTP yang belum diambil adalah untuk warga yang melakukan perekaman sebelum September 2017,” jelas Chairil.

Saat ini yang melakukan perekaman e-KTP mengalami peningkatan, dari 100 orang per hari menjadi 250 orang per hari sejak awal Januari 2018. Sedangkan untuk proses cetaknya sendiri sehari sekitar 4 ribu e-KTP. “Karena masih ada sekitar 80 ribu e-KTP yang belum tercetak, jadi pegawai kami sering lembur,” imbuh Chairil. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *