background img

4 CALON PENUMPANG KEDAPATAN PAKAI DOKUMEN PALSU

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Empat calon penumpang pesawat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan harus berurusan dengan pihak berwajib.

Masing-masing berinisial AM, WA, HI, dan MA. Mereka kedapatan menggunakan dokumen palsu sebagai syarat penerbangan. Yakni satu kartu sertifikat vaksin palsu, dan tiga surat rapid test PCR palsu.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas ll Balikpapan M Zainul Mukhorobin membenarkan hal tersebut. Dikatakan, terungkapnya di area counter validasi pelayanan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Senin (9/8) kemarin.

Berawal saat empat calon penumpang tersebut mengantre di loket validasi dokumen untuk dapat masuk ke ruang tunggu keberangkatan. Tujuan mereka adalah Surabaya dan Jakarta.

“Saat menunjukan dokumen kelengkapan penerbangan, petugas loket KKP yang didampingi Satgas Covid-19 Lanud Dhomber menemukan satu kartu sertifikat vaksin palsu dan tiga surat rapid test PCR palsu,” kata M Zainul, Selasa (10/8).

Hal tersebut dibuktikan dengan dilakukannya pemeriksaan barcode yang tertera di kartu vaksin dan Nomor Id KTP yang bersangkutan tidak terdaftar. “Pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur, dan ditemukan dokumen palsu itu,” ungkapnya.

Komandan Satgas Covid-19 Lanud Dhomber Letkol Lek Rano Maharano menambahkan, hasil pemeriksaan sementara para pelaku mengaku mendapatkan dokumen palsu tersebut dari temannya.

“Maka dari itu perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut, sehingga para pelaku kami serahkan kepada pihak Mapolsek KP3 Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan untuk tindak lanjuti,” tuturnya.

Terpisah Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi menyebut jika kasus ini sedang dalam penanganan lebih lanjut. “Masih ditangani, kita lihat nanti keterlibatannya. Mereka dari Samarinda,” ucapnya singkat.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *