background img

IKHLAS UNTUK SEMUA AKTIVITAS

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Seorang hamba yang bersedekah dengan ikhlas adalah orang-orang yang mempunyai kekuatan dahsyat.

Karena naluri dasar kita sebenarnya selalu rindu akan pujian, penghormatan, penghargaan, ucapan terima kasih, dan sebagainya.

Kita pun selalu tergerak untuk memamerkan segala apa yang ada pada diri kita ataupun segala apa yang bisa kita lakukan. Apalagi kalau yang ada pada diri kita atau yang tengah kita lakukan itu berupa kebaikan.

“Dalam kondisi apapun kita diharuskan untuk bersedekah dengan dilandasi niat yang ikhlas membantu karena Allah SWT,” kata Ustadz Moch Ibrahim ketika menjadi narasumber dalam program Berkah Sahur di Radio KPFM Balikpapan, Kamis (15/4).

Menurutnya, ikhlas adalah perkara yang sangat sulit mudah diucapkan, namun sangat berat dilaksanakan, jadi puncak dari segala sesuatu aktivitas manusia yang sifatnya adalah ibadah maka tujuan akhirnya adalah ikhlas.

Ia menjelaskan, ikhlas itu ibarat air yang sangat jernih kalau misalkan tercampur zat yang lain namanya bukan ikhlas.
Dalam menjalankan ibadah seharusnya dilaksanakan semata-mata karena Allah yang menciptakan kita, yang merupakan bentuk pengabdian atau kehambaan sebagai makhluk, yang diinterpretasikan sebagai makhluk yang senantiasa mengabdikan kepada Allah SWT.

Ia menjelaskan, cara terbaik untuk melatih bertindak ikhlas adalah dengan melakukan sedekah yang diulang-ulang secara terus-menerus, maka dari itu sifat riya dan ujub akan hilang dengan sendirinya.

(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *