background img

30 % PROYEK MULTIYEARS DIPANGKAS

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Untuk menutupi dampak krisis keuangan akibat situasi pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, anggaran sejumlah proyek multiyears di Kota Balikpapan terpaksa dipangkas.

Berdasarkan hasil rapat pembahasan Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Kota, anggaran proyek multiyears dipangkas sekitar 30 persen. Dari rencana alokasi awal sebesar Rp 600 miliar lebih menjadi Rp 402 miliar.

Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Balikpapan Syukri Wahid mengatakan, dari rencana proyek multiyears akan dilaksanakan, pihaknya meniadakan dua rencana kegiatan yakni rencana pembangunan gedung DPRD dan Gedung Dinas Pangan.

“Sebesar 402 miliar untuk skema multiyears yang disepakati. Sebelumnya ada tambahan gedung DPRD dan gedung Dinas Pangan jadi sekitar Rp 600 miliaran, sekarang dihilangkan,” kata Sukri kepada wartawan, Kamis (26/8).

Menurut Sukri, dari enam proyek multiyears yang direncanakan hanya empat yang disepakati, di antaranya proyek pengerukan DAS Ampal yang awalnya diusulkan sebesar Rp 170 miliar diturunkan menjadi Rp 150 miliar.

Lalu, proyek pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe C di Kecamatan Balikpapan senilai Rp 162 miliar. Kemudian, proyek pembangunan dua unit sekolah baru di Kecamatan Balikpapan Selatan dan Kecamatan Balikpapan senilai Rp 91 miliar. “Semua proyek multiyears itu yang akan kita selesaikan paling ujung di 2023,” ujarnya.

Setelah disepakati sebagai proyek multiyears, keempat proyek tersebut dipastikan akan dialokasikan anggaran setiap tahun sebagai tindak lanjut pembangunannya, sehingga target penyelesaian tahun 2023 dapat tercapai, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Balikpapan yang disesuaikan visi dan misi Wali Kota Balikpapan yang baru, Rahmad Mas’ud.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *