background img

3 RIBU PELAJAR MULAI VAKSINASI

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Cuaca di sekitar halaman SMA Negeri 3 Balikpapan di Baru Ulu, Balikpapan Barat (Balbar) pada Kamis pagi, 26 Agustus 2021, sedang turun hujan. Namun, itu tidak menyurutkan semangat ratusan pelajar untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Seperti diketahui, hari ini adalah hari pertama pelaksanaan vaksinasi yang diadakan pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan di sekolah-sekolah.

Pelaksanaannya dilakukan oleh puskesmas masing-masing wilayah. Di SMA Negeri 3, dari pantauan KPFM para pelajar terlihat sangat antusias.

“Saya datang pas hujan tadi mas, tapi enggak apa-apa karena memang saya sudah lama menunggu untuk divaksin,” kata Rafi Arjuna, salah satu di antara ratusan pelajar yang menerima suntikan vaksin.

Pelajar kelas sebelas di SMA Negeri 3 Balikpapan ini mengaku tidak merasakan gejala apa-apa setelah divaksin. “Biasa aja sih mas rasanya setelah divaksin. Enggak ada rasa apa-apa,” akunya.

Koordinator pelaksanaan vaksinasi SMA Negeri 3 Balikpapan Hadi Kusminto menuturkan, untuk pelaksanaan vaksinasi ini sekolahnya diberikan jatah sebanyak 250 dosis pada tahap awal. Penyuntikannya dilakukan bertahap.

“Hari ini seratus siswa dulu, kemudian Sabtu seratus juga dan hari senin 50,” ucap pria yang juga Waka Kesiswaan SMA Negeri 3 Balikpapan itu.
Hadi menambahkan, secara keseluruhan sasaran pelajar di sekolahnya yang akan divaksin sebanyak 900 lebih. Semuanya dipastikan akan mendapatkan suntikan vaksin. Untuk pelajar kelas XI dan XII lebih diutamakan karena akan menghadapi ujian kelulusan sekolah.

“Ada 50 anak dari kelas XI juga menjadi prioritas karena akan mengikuti ujian asesmen nasional dalam waktu dekat. Yang hari ini ada beberapa tidak bisa divaksin karena sesuatu hal. Jadi kita mencari siswa lain yang bisa kita hubungi dan cepat responnya untuk menggantikan,” sebutnya.

Hadi berharap proses vaksinasi untuk siswanya terus berjalan, begitu juga untuk sekolah lain agar kesiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) segera dilaksanakan.

“Kita harapkan setelah vaksin, secara umum kasus Covid juga menurun sehingga anak-anak aman masuk sekolah,” tandasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun KPFM, vaksinasi pelajar hari ini menyasar sedikitnya 3.149. Mereka berasal dari sekolah-sekolah tingkat SMP, MTS, hingga SMA dan SMK se-Kota Balikpapan.

Sementara untuk keseluruhan sasaran vaksinasi Covid-19 pelajar atau remaja usia 12-17 tahun di Kota Balikpapan sebanyak 68.176.

Dari jumlah tersebut, hingga Rabu (25/8) kemarin capaian baru 5,5 persen atau 3.766 yang telah menerima dosis pertama. Kemudian untuk dosis kedua sudah mencapai 2.492 atau 3,7 persen.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *