background img

3 KALI PENJARA, IB GASAK MOTOR LAGI

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Tiga kali berurusan dengan para penegak hukum tak membuatnya IB jera. Pria 45 tahun itu lagi-lagi harus merasakan dinginnya jeruji besi, lantaran aksi nekatnya yang menggasak sepeda motor warga.

Aksi kejahatannya terjadi pada 1 April 2021 lalu. Saat itu ia memasuki salah satu rumah warga di wilayah Kampung Baru, Balikpapan Barat (Balbar).

Di rumah tersebut ia menemukan sebuah kunci motor.

“Rumah sedang kosong dan terbuka. Saat pelaku masuk ke dalam, menemukan kunci motor. Kemudian membawa kabur motor yang ada depan rumah,” kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Kaltim AKBP Agus Puryadi saat pers rilis, Kamis (8/4) kemarin.

Usai kejadian, polisi yang menerima laporan dari korban langsung melakukan pencarian keberadaan pelaku dan berhasil mengamankan IB pada hari yang sama.

“Kita tangkap pada hari itu juga, bersama barang bukti motor yang dia curi. Selanjutnya dibawa ke Polda Kaltim untuk penyelidikan lebih lanjut,” ungkap AKBP Agus.

Saat polisi melakukan pengembangan kasus, rupanya diketahui jika IB merupakan seorang residivis. Ia sudah tiga kali keluar masuk penjara dengan perkara yang sama, yakni pencurian.
“Bapak ini beberapa kali keluar masuk penjara. Terakhir keluar dari penjara itu enam bulan lalu,” ucapnya.

Modusnya tersangka dalam beraksi, yakni dengan berkeliling Kota Balikpapan. Jika ada rumah yang sedang kosong, pelaku langsung masuk dan mengambil barang korban.
“Bapak ini mutar aja kerjanya. Kalau ada rumah terbuka dan kosong, langsung masuk mengambil barang. Rata-rata yang diambil barang elektronik. Kebetulan yang tanggal 1 April itu dia masuk rumah tidak ada handphone dan lainnya, tapi adanya kunci motor,” pungkasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *