background img

261 PETAK PANDANSARI DIBANGUN TAHUN INI

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana membangun sebanyak 261 petak dan kios baru di kawasan Pasar Pandansari.

Penyediaan petak dan kios ini bertujuan untuk menampung para pedagang kaki lima (PKL) yang saat ini masih banyak berjualan di luar bangunan pasar.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan Arzaedi Rachman mengatakan, bahwasanya rencana pembangunan 261 petak ini merupakan upaya jangka pendek yang dilakukan Dinas Perdagangan dalam menertibkan kawasan pasar Pandansari. Sehingga para PKL yang saat ini, masih berjualan di luar di atas bangunan fasum dan fasos dapat berjualan di dalam kawasan pasar. Sehingga kawasan pasar Pandansari lebih tertib.

Menurutnya, total anggaran yang disediakan untuk membangun 261 petak dan kios ini tercatat mencapai Rp 1,350 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Balikpapan Tahun 2021.

“Untuk jangka pendek, kita akan membangun petak kios sesuai dengan gambar tahap pertama. Anggaran Rp 1,350 miliar, itu dibagi dalam dua paket, di depan dan di belakang bangunan lama,” kata Arzaedi kepada wartawan, Jumat (24/9).

Ia menargetkan proses lelang rencana pembangunan petak dan kios ini mulai dilaksanakan pada Oktober ini. Jangka waktu pembangunannya ditargetkan rampung dalam 1 bulan.

Ia menambahkan, pihaknya sudah membuat rencana jangka panjang untuk menata kawasan pasar Pandansari, di antaranya memindahkan kawasan parkir ke lantai 2 dan 3. Serta membangun dropzone bagi masyarakat yang tidak membawa kendaraan di lantai 1.

Hal ini dilakukan agar pedagang yang berjualan di lantai 2, bisa lebih ramai karena pengunjung langsung diarahkan parkir di lantai 2 dan 3.

“Orang jualan lantai 2, lantai 1 ada, ngapain orang ke lantai 2. Jadi rencananya ke depan itu, parkir nanti tidak ada yang di bawah. Jadi orang kalau mau berbelanja pasti ke lantai 2 dan 3 aku tapi silahkan kalau mau ke lantai 1. Selain itu, kita juga akan menyediakan dropzone yang dipergunakan bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan, itu juga naiknya ke lantai 2,” tambahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *