background img

2 PENCURI KABEL FEEDER DIRINGKUS

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dilatarbelakangi himpitan ekonomi, dua pria berinisial HS (30) dan ME (21) nekat melakukan aksi pencurian kabel di Jalan Syarifuddin Yoes, Balikpapan Selatan (Balsel). Tepatnya samping rumah jabatan Walikota Balikpapan.

Aksi pencurian tersebut terjadi pada Kamis 11 Maret 2021 sekira pukul 15.30 Wita. Saat itu, kedua pelaku memanjat sebuah tower yang ada di lokasi kejadian. Kemudian memotong kabel feeder sepanjang 40 meter.
“Modusnya mereka memanjat dan memotong-motong kabel feeder. lalu memasukkan dalam karung dan membawanya menggunakan kendaraan,” kata Kapolsek Balikpapan Selatan, AKP Agung Nursapto saat pers rilis, Senin (15/3) sore.

Dari kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sebesar lima juta rupiah dan langsung melapor ke Polsek Balikpapan Selatan. Tak butuh waktu lama, hanya berselang satu hari tepatnya pada Jumat 12 Maret 2021 kedua pelaku berhasil diamankan.
“Setelah mendapat laporan tim langsung ke TKP. Memang kondisinya sudah berantakan, namun berkat kejelian rekan-rekan di lapangan akhirnya pelaku dapat diamankan,” ujarnya.
Selain pelaku, diamankan juga barang bukti tembaga dengan panjang kurang lebih 40 meter. “Bang bukti sementara belum sempat dijual. Karena baru satu hari, habis itu kita amankan,” ungkapnya.

Berdasarkan keterangannya, para pelaku diketahui pemain baru dan pertama kali beraksi. Mereka berlasan karena kebutuhan ekonomi.
“Katanya untuk kebutuhan ekonomi. Sementara belum ada TKP lain dan kebetulan pemain baru, makanya kita mudah melacak mereka. Kalau pemain lama agak berbeda jam terbangnya,” ucap Kapolsek.

Kini kedua pelaku mendekam di balik jeruji besi Polsek Balikpapan Selatan untuk mempertanggujawabkan perbuatannya. Mereka dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun kurungan penjara.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *