background img

2 PELAKU CURAT DIRINGKUS

1 year ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Jajaran Sat Reskrim Polresta Kota Balikpapan kembali meringkus dua orang pelaku pencurian dengan pemberatan atau curat yang bereaksi di wilayah Balikpapan.
Mereka adalah AN (24) dan FZ (20). Keduanya diciduk setelah pihak kepolisian mendapat laporan dari korban pada tanggal 25 Juni 2020 lalu.

Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Kompol Agus Arif Wijayanto menjelaskan, kasus ini terjadi di dua lokasi berbeda. Pertama di Kelurahan Baru Ilir tanggal 11 Juni 2020 dan ke dua di Kelurahan Baru Ulu pada 8 Juni 2020.
“Kejadiannya di dua lokasi dengan hari atau waktu berbeda. Baru dilaporkan pada tanggal 25 Juni 2020. Tersangka dua orang, AN (24) dan FZ (20),” kata Kompol Agus saat menggelar pers rilis di halaman Polresta Balikpapan, Rabu (8/7) sore.

Ke dua tersangka, lanjut Kompol Agus, memiliki peran masing-masing saat bereaksi. Ada yang mengamati situasi dan ada juga yang mengeksekutor.
“Ada perangnya masing-masing. Untuk FZ berperan sebagai driver sekaligus mengamati situasi di lokasi. Dan AN sebagai eksekutor atau yang masuk ke dalam rumah dan mengambil barang,” ujarnya.

Ada pun modusnya, kedua pelaku berjalan keliling ke kampung-kampung mencari rumah yang sepi. Kemudian mereka mencoba masuk atau berpura-pura menanyakan alamat kepada pemilik rumah. “Nah saat pemilik rumah lengah mereka langsung bereaksi,” jelasnya.

Dalam kasus ini, selain pelaku petugas juga mengamankan barang bukti berupa satu buah handphone merk Vivo dan satu buah jam tangan.
“Barang bukti ini dalam kondisinya sudah dijual pada saat itu. Yang membeli sudah kita amankan juga. Untuk handphone dijual dengan harga Rp 450 ribu dan jam Rp 500 ribu,” ucapnya.
Hasil introgasi awal, pelaku melakukan aksinya demi memenuhi kebutuhan hidup. Mereka juga mengaku baru pertama kali melancarkan aksinya. “Tapi masih kita dalami. Apakah ada TKP lain,” tandasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan anacaman lima sampai tujuh tahun penjara.Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *