background img

18 PANWASCAM DILANTIK

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sebanyak 18 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kota Balikpapan resmi dilantik dan diambil sumpah, Kamis (27/10).

18 Panwascam tersebut merupakan perwakilan dari enam kecamatan yang ada di Kota Balikpapan.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Balikpapan Agustan mengatakan, sesuai dengan amanat undang-undang bahwa Panwas Kecamatan itu berjumlah paling banyak 3 orang di tiap kecamatan.

Sehingga dengan kondisi Kota Balikpapan yang terdiri dari 6 Kecamatan maka ada sebanyak 18 orang yang dilantik pada hari ini.

“Sesuai amanat undang-undang, tiap kecamatan maksimal 3 orang. Jadi yang dilantik hari ini ada 18,” kata Agustan ketika diwawancarai wartawan usai melantik 18 Panwascam di Hotel Platinum Balikpapan.

Selanjutnya, untuk jabatan sekretaris dan bendahara sesuai dengan amandemen undang-undang, pemerintah daerah nanti akan memfasilitasi. Karena nanti akan diisi oleh ASN (Aparatur Sipil Negara).

Ia menjelaskan, sesuai dengan amanat undang-undang, para Panwascam ini memiliki tugas adalah mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan dan melakukan pencegahan terhadap praktik money politik.

Kemudian, mereka juga berwenang membentuk pengawas pemilu di tingkat kelurahan. Sampai juga pengawas di tingkat TPS.

“Sesuai amanat undang-undang, setelah diambil sumpah mereka sudah mulai bertugas,” ucapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.