background img

170 POSITIF, 104 SEMBUH

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kasus positif Covid-19 di Kota Balikpapan pada Jumat (22/1) bertambah sebanyak 170 kasus baru. Kemudian 104 selesai isolasi atau sembuh dan satu kasus positif meninggal dunia.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, yang perlu dicermati dari penambahan kasus positif ini masih adanya Tenaga Kesehatan (Nakes) yang terpapar.

“Nakes ada tujuh kalau tidak salah, ada dokter, perawat hingga apoteker. Kemudian enam orang kru KRI, serta ada juga dari Pertamina dan Angkasa Pura,” kata Rizal saat pers rilis update kasus harian di halaman Balikpapan Islamic Center (BIC).

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan Andi Sri Juliarty menambahkan, kasus kali ini kebanyakan merupakan hasil tracking yang rata-rata berasal dari cluster keluarga.

Sementara untuk riwayatnya, 57 kasus bergejala atau suspek, 51 kasus dengan riwayat Orang Tanpa Gejala (OTG) dan 58 kasus merupakan hasil tracking kontak erat.

“Kemudian dua kasus hasil tracking kontak tempat kerja dan dua kasus hasil pemeriksaan rapid test antigen yang ditindaklanjuti dengan swab PCR dan hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkapnya.

Soal kondisi terkini 11 rumah sakit rujukan, wanita yang akrab disapa Dio itu menyebut jika masih tidak banyak berubah. Meski pasien sembuh atau keluar dari rumah sakit setelah selesai perawatan juga banyak.

Hal itu dikarenakan sebelumnya memang banyak pasien yang mengantre dan ditampung sementara di Unit Gawat Darurat (UGD) rumah sakit.

“Kita cukup lega karena banyak yang sembuh, tapi itu cuma sementara aja, penuh lagi. Karena yang antre itu ada banyak. Yang dari UGD dipindahkan lagi. Jadi saat ini kondisi rumah sakit masih penuh,” tuturnya.

Dio merincikan, saat ini total tempat tidur di rumah sakit sebanyak 435. Dan tersisa sebanyak 21 kamar tidur saja. Untuk ruang ICU juga dari 38 yang tersedia, sudah terisi 34 dan tersisa empat. “Itupun untuk bayi dan anak-anak saja,” ucapnya.

Ada pun total akumulatif kasus positif hingga kini sebanyak 8.534 kasus. Dengan pasien dirawat sebanyak 480, pasien isolasi mandiri 1.144, sembuh 6.587 dan pasien meninggal dunia 323.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *