background img

11 IBU HAMIL MENINGGAL POSITIF COVID-19

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Hingga Agustus 2021 ini, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan mencatat telah terjadi 15 kematian ibu hamil. Dari data tersebut, 11 orang di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty yang akrab disapa Dio mengatakan, pihaknya terus berupaya memperluas cakupan vaksinasi dengan sasaran ibu hamil untuk mengantisipasi hal tersebut.

Menurut Dio, adanya program vaksinasi ini diharapkan mampu menekan angka ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Jadi kita mulai dengan kegiatan massalnya. Yang sudah mendaftar 1.208 orang. Namun kami menyiapkan sampai 2.500 dosis. Sehingga kami silahkan jika masih ada lagi ibu hamil yang akan datang ke Dome untuk vaksin,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (2/9).

Sedangkan mengenai dampak vaksin bagi ibu hamil, lanjut wanita yang akrab disapa Dio ini, tergantung jenis vaksin yang diterima. Apalagi pemerintah sudah menjamin keamanan vaksin yang diberikan. Apalagi sejauh ini belum ada laporan dampak kesehatan pada ibu hamil yang jadi penerima vaksin.

“Vaksin yang diberikan jenis moderna. Jadi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) dari moderna ini cukup tinggi. Seperti pusing, meriang dan demam. Itu bisa sampai 3 atau 5 hari tergantung orangnya,” tuturnya lagi.

Menurut Dio, vaksin moderna ini sudah mulai digunakan pada pertengahan Agustus lalu. Di mana para tenaga kesehatan telah mendapatkan suntikan dosis ketiga yang dipusatkan di gedung Dome. Hal ini sesuai arahan dari pemerintah pusat yang memulai penggunaan moderna sebagai pengganti sinovac.

“Vaksinasi untuk ibu hamil ini dilakukan demi mencegah penularan Covid-19 terhadap mereka, apalagi sebelumnya angka kematian ibu hamil cukup meningkat. Dan peningkatan ini ada yang dikarenakan ibu hamil terkonfirmasi positif Covid-19. Oleh karena itu kita mengambil pelajaran dari ini. Harus dicegah dengan terjadi lagi,” tambahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *