background img

109 RIBU SISWA DITARGET VAKSIN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan menargetkan sekitar 109 ribu siswa akan diberikan vaksin Covid-19.

Rencana ini merupakan salah satu persiapan apabila kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) dibuka kembali di sekolah. Termasuk dalam mendukung upaya untuk mempercepat terbentuknya kekebalan komunal dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan para kepala sekolah dan Puskesmas setempat, untuk melakukan pendataan siswa yang akan diberikan vaksin Covid-19.

“Sekolah tatap muka bisa saja dilakukan, tapi kita harus melihat situasi dan kondisi Covid-19 di setiap wilayah yang ada di kota Balikpapan. Serta kita juga harus ada surat rekomendasi dari Wali Kota Balikpapan selaku ketua Satgas Covid-19,” jelas Muhaimin kepada wartawan, Jumat (20/8).

Menurutnya, pada dasarnya, vaksinasi untuk pelajar tersebut dilakukan bukan untuk melakukan pembelajaran tatap muka, tapi juga untuk percepatan herd immunity atau kekebalan kelompok. Sebab guru sudah dilakukan vaksinasi 100 persen, minimal para pelajar mendekati 80 persen, agar aman saat nanti PTM sudah bisa digelar.

Dia menjelaskan, untuk jumlah pelajar SMP kelas tujuh hingga sembilan di kota Balikpapan mencapai 36 ribu pelajar. Sedangkan untuk SD kelas satu hingga enam mencapai 72 ribu pelajar, jadi total pelajar yang ada di kota Balikpapan mencapai 109 ribu pelajar yang akan dilakukan vaksinasi.

“Pelaksanaan vaksinasi untuk SD nanti tahapannya masih dibahas, maka oleh sebab itu, nanti Dinas Kesehatan Kota Balikpapan yang melakukannya, karena pemberian vaksinasi hanya bisa dilakukan kepada anak berusia 12 tahun. Tapi diprioritaskan untuk dilakukan vaksin adalah pelajar SMA/SMK dan SMP dulu,” tambahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *