background img

100 IBU HAMIL DIVAKSIN MODERNA

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Kota Balikpapan mulai dilakukan, Selasa (24/8) pagi. Penyuntikan dipusatkan di Balikpapan Sports and Convention Center (BSCC) Dome.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, pada hari pertama ini sebanyak 100 ibu hamil yang mendapatkan dosis pertama.

“Hari ini kita memvaksin sekitar 100 ibu hamil. Sebelumnya kami melakukan pendataan melalui wilayah kerja puskemas masing-masing,” kata wanita yang akrab disapa Dio itu.

Vaksin yang digunakan, lanjut Dio, adalah vaksin moderna. Sesuai dengan hasil pengkajian persatuan dokter spesialis kandungan seluruh Indonesia dan juga Kemenkes.

“Arahannya untuk vaksin ibu hamil itu adalah moderna, sinovac dan juga pfizer,” ungkap Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan itu.

Setelah mendapatkan dosis pertama, para ibu hamil yang telah disuntik dijadwalkan mendapatkan dosis kedua empat minggu ke depan. “Ya, empat minggua ke depan baru terima dosis kedua,” tuturnya.

Dio menambahkan, untuk proses pendataan kepada ibu hamil masih terus berjalan. Sampai saat ini sudah ada sekitar 2.330 ibu hamil yang terdaftar untuk menjalani vaksinasi.

Lantaran menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin, pemerintah akan memprioritaskan untuk kehamilan yang sudah masuk usia 24 minggu ke atas.

“Kami berharap ibu hamil yang belum mendaftar untuk segera mendaftar ke Puskesmas terdekat,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemkot Balikpapan sudah lebih dulu melakukan vaksinasi moderna kepada tenaga medis pekan lalu. Hasil evaluasinya tak ditemukan KIPI dengan kriteria berat.

“Kalau KIPI normal ada, yang sifatnya ringan seperti nyeri di lengan dan meriang. Tapi tidak ada yang berat,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *