background img

1.310 PJU DIPASANG TAHUN INI

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan menargetkan 1.310 lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di kota Balikpapan terpasang pada tahun ini.
Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan di beberapa ruas jalan.

“Untuk 2021 ini, pemasangan baru PJU sesuai dengan arahan pak wali kita akan pasang 1.310 titik lampu baru di kota Balikpapan,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana kepada wartawan, Jumat (11/6).

Dia mengatakan, untuk saat ini sudah terprogres serta dalam proses pekerjaan di lapangan. Minimal tiga bulan hingga empat bulan proses pengerjaannya selesai, jadi apa yang disampaikan pak wali dalam rapat paripurna yang lalu. Di awal September sudah akan tuntas pemasangannya.

Sudirman menjelaskan, untuk anggaran pemasangan PJU akan dialokasikan dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan. Sementara untuk penyedian lampunya merupakan bantuan dari Provinsi, pemasangannya akan tersebar diseluruh kota Balikpapan.

Menurutnya, pemasangan PJU sesuai dengan kebutuhan dan laporan masyarakat. Lalu nanti akan ada petugas yang turun dan mensurvei ke lapangan. Namun Meski begitu, untuk kewenangan pembagian tugas sesuai Permendagri nomor 138 yang di atas 4 meter tugasnya Dishub, kalau dibawa 4 meter tanggung jawab kelurahan.

“Untuk jaringan tetap kita pasang baru, biaya konstruksinya Rp 4 miliar, kemudian ditender dan nego jadi penawaran jatuhnya di Rp 3,3 miliar. Bagi yang ingin pasang baru sesuai dengan Permendagri, yang 4 meter keatas usulannya di Dishub, dengan yang mengajukan oleh Ketua RTnya,” bebernya.

Ia menambahkan, dalam proses pemasangan PJU akan melibatkan Ketua RT, karena nanti ada dokumen yang akan dipertanggungjawabkan melalui stempel RT sebagai bukti di lokasi tersebut ada pemasangan baru lampu jalan.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *