background img

1.173 WARGA BINAAN DAPAT REMISI

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah memberikan remisi umum (RU) atau pengurangan masa tahanan kepada sedikitnya 1.173 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Kota Balikpapan. Sebelas di antaranya langsung bebas.

Adapun rinciannya, untuk Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Balikpapan yang mendapat remisi sebanyak 288 warga binaan dengan dua orang langsung bebas.

Kemudian dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Balikpapan yang mendapat remisi sebanyak 885 warga binaan, dan sembilan orang langsung bebas.

Pemberian remisi ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-76. Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud hadir dan memberikan secara simbolis remisi kepada narapidana di Rutan Kelas IIB Balikpapan, Selasa (17/8).

“Saya berharap ini jadi contoh dan pelajaran bagi mereka agar tidak terulang lagi. Pesan saya, bahwa kita jangan sampai berurusan dengan hukum, ” kata Rahmad.

Kepala Rutan Balikpapan Jul Herry Siburian menambahkan, remisi diberikan sebagai bentuk apresiasi atas prestasi, disiplin, dan dedikasi tinggi yang dilakukan warga binaan yang berkelakuan baik dan memenuhi syarat lainnya.

“Yang mendapatkan usulan remisi ini telah memenuhi syarat yang ditentukan, yakni berkelakuan baik serta mengikuti kegiatan pembinaan di Rutan Balikpapan,” ungkap Jul Herry.

Dari jumlah warga binaan yang mendapat remisi, lanjut Jul Herry, ada dua yang langsung bebas. Mereka sebelumnya terlibat kasus pencurian, sehingga harus berurusan dengan hukum.

“Untuk warga binaan yang lain masih harus menjalani pidana kurungan dan pidana denda sehingga tidak langsung bebas. Untuk remisi sesuai aturan bisa diberikan 1-6 bulan,” sebutnya.

Sementara itu, Plh Kalapas Timbul Aliansyah dalam siaran persnya menuturkan, dari 885 narapidana yang mendapat remisi di Lapas Balikpapan, 875 di antaranya mendapatkan remisi umum I.

Kemudian 10 narapidana mendapat remisi umum II, dan sembilan narapidana yang bisa menghirup udara bebas, setelah pemotongan masa hukuman.

“Pemberian remisi ini diharapkan menjadi stimulus bagi warga binaan untuk berkelakuan baik, dan berperan aktif dalam program pembinaan yang diselenggarakan oleh Lapas Kelas IIA Balikpapan,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *