background img

WEIR MINERAL PELOPORI DONASI JKN-KIS

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Gerakan peduli sosial PT Weir Mineral Indonesia patut dicontoh. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), perusahaan jasa di Batakan, jalan Mulawarman Balikpapan ini mengikuti Program Donasi Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, untuk masyarakat sekitar perusahaan.

Program donasi ini dalam rangka ulang tahun BPJS Kesehatan ke-51. Walaupun ada program JKN-KIS di Balikpapan, masyarakat tetap diharapkan selalu sehat.

“Upaya kita bukan hanya kuratif, atau pengobatan saja. Namun bila terlanjur sakit memang harus diobati. Selain upaya promotif preventif yang telah kami lakukan, peserta JKN-KIS bisa mandiri. Tidak perlu menunggu diajak berolahraga untuk sehat,” ujar Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan Sari Wahyu, saat bincang siang di radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Selasa (16/7).

Saat talkshow yang dipandu Sherly Kezia itu Sari Wahyu menjelaskan, ada kegiatan promotif preventif yang terkordinir di masing-masing faskes tingkat pertama, yang rutin mengadakan pemeriksaan kesehatan, senam dan juga edukasi untuk masyarakat yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Dikatakannya, BPJS menyadari keterbatasan Pemerintah Kota dan Pemerintah Pusat untuk membiayai warga yang belum terdaftar JKN-KIS, khususnya yang kurang mampu. Kemudian BPJS Pusat mendiskusikan hal ini pada BPJS yang ada di daerah untuk membuat program donasi melalui CSR.

Dikatakannya, program donasi ini merupakan alternatif baru dari BPJS Kesehatan, karena sebelumnya dana CSR perusahaan lebih tersalur pada sarana dan prasarana masyarakat sekitar di mana perusahaan tersebut berada.

“Kami mencoba menggali potensi yang ada di daerah, dan mendiskusikan soal CSR ini. Akhirnya disambut oleh PT Weir Minerals Indonesia untuk memanfaatkan dana CSRnya, lalu mendaftarkan dan membayarkan iuran peserta JKN-KIS masyarakat kurang mampu yang  berada di sekitar perusahaan selama satu tahun,” ujarnya.

Sari menjelaskan, donasi JKN-KIS ini salah satu program unggulan. Dengan ini perusahaan dapat berkontribusi terhadap lingkungan sekitarnya dengan membantu membiayai kepesertaan JKN-KIS masyarakat sekitar. Perusahaan dapat menggunakan dana CSR untuk membayar iuran peserta JKN-KIS yang dijadikan tujuan donasi.

Dikatakan, bila ada perusahaan di Balikpapan yang ingin berdonasi melalui BPJS Kesehatan, tinggal memilih kelas berapa yang akan diambil. Apakah kelas I, kelas II atau kelas III. Kemudian jangka waktu yang akan diambil berapa lama.

“Kami berharap minimal satu tahun, agar bisa berlanjut terus dan tidak putus di tengah jalan. Kemudian berapa jumlah orang yang akan dibayarkan, nanti kami yang akan seleksi datanya agar tidak terjadi keanggotaan ganda,” ujarnya.

Farida selaku HRD PT Weir Minerals Indonesia menyebut, ada 63 warga kurang mampu dari empat RT yang didaftarkan perusahaan sebagai peserta JKN-KIS

“Kami concern pada masalah kesehatan karyawan, karena dengan kesehatan yang baik, otomatis bisa bekerja dengan baik. Selain kesehatan karyawan, kami ingin masyarakat sekitar juga sehat. Karena perusahaan beroperasi di situ, kami peduli dengan masyarakat sekitar,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, program ini juga sebagai ajang silaturahmi perusahaan dengan masyarakat sekitar. “Kami ingin Weir Care Weir Share. Kebetulan ada JKN-KIS. Ini sesuai yang kami mau,” ujar Farida.

Farida juga mengajak perusahaan lainnya ikut memelopori berdonasi melalui program JKN-KIS sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat di mana perusahaan beroperasi. Terutama pada masyarakat kurang mampu.

Informasi lebih lengkap tentang Program Donasi JKN-KIS ini bisa menghubungi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan telepon 0542 – 731864. (SHERLY/KPFM)

Article Categories:
News · Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *