background img

Waspadai Hujan, DBD Sudah 3 Ribu Kasus

4 years ago written by

Balikpapan – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sudah menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) dari tahun ke tahun, termasuk di Balikpapan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr. Balerina, JPP, MM. mengatakan, penyakit DBD di Balikpapan sudah mencapai angka 3.049 kasus. Korban meninggal karena DBD hingga saat ini mencapai 21 jiwa.

Memasuki musim hujan, Balerina mengingatkan agar masyarakat lebih waspada terhadap kebersihan lingkungannya. Pemberantasan sarang nyamuk wajib dilakukan setiap hari, terutama untuk membuang kaleng bekas dan botol plastik yang tergenang air. Karena tempat-tempat tersebut menjadi sarang jentik nyamuk yang berkembang biak dengan sangat cepat, 1 hingga 2 hari.

Pemberantasan sarang nyamuk bisa dilakukan dengan 4 M: menutup tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air, mengubur tempat penampungan air yang tidak terpakai, dan memantau jentik nyamuk.
Balerina berharap dengan rutinnya masyarakat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) tidak ada lagi jentik yang berkembang dan nyamuk Aedes Aegypti juga secara otomatis akan ikut berkurang. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *