background img

Waspada! Maret-April Puting Beliung Mengancam Balikpapan

4 years ago written by

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan memprediksikan Kota Balikpapan terancam diterjang putting beliung. Puting beliung yang diprediksikan akan terjadi bulan maret hingga april ini disebabkan anomali yang terjadi akibat cuaca ekstrim serta perpindahan posisi matahari dari utara ke selatan Khatulistiwa.
angin puting beliung
Abdul Haris kepala seksi data dan informasi BMKG Balikpapan saat di temui diruangannya mengatakan bahwa, saat ini kota Balikpapan memasuki musim dimana ciri – cirinya mirip dengan masa peralihan dan diprediksi akan berlangsung hingga bulan April. Dengan demikian potensi puting beliung pada bulan maret hingga april sangat tinggi. Potensi angin puting beliung tersebut dapat terjadi di kota Balikpapan dan pada umumnya dapat terbentuk di wilayah yang terbuka , khususnya untuk wilayah Klandasan, Balikpapan Kota dan Kebun Sayur Balikpapan Barat.
Haris juga menghimbau kepada masyarakat yang melihat Puting Beliung untuk segera berlindung di dalam rumah atau tempat-tempat yang dianggap cukup aman. Karena dampak dari fenomena tersebut sangat merugikan.
 
(Fredy Janu)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *