background img

WASPADA, HIPERTENSI SUDAH 10 RIBU KASUS

4 years ago written by

Balikpapan – Masalah kesehatan di Balikpapan saat ini mengalami proses transisi epidemiologi. Ketika infeksi penyakit menular belum sepenuhnya teratasi, penyakit tidak menular (PTM) seperti hipertensi, stroke dan diabetes, justru mengalami peningkatan. Hal ini diakui Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Balerina saat ditemui KPFM di ruang kerjanya, Senin (21/11).

Menurutnya, acaman penyakit tidak menular ini kian menghawatirkan. Apalagi PTM masuk dalam 10 besar penyakit terbanyak di Balikpapan. Untuk itu DKK akan memprioritaskan penanganan kasus-kasus yang berkaitan dengan PTM.

Salah satu langkahnya adalah dalam SOTK (Susunan Organisasi Tata Kerja) yang baru nanti, akan ada Kepala Seksi (Kasi) untuk penyakit tidak menular. “Sebelumnya penanganan kasus PTM itu masuk di Kasi Menular dan Tidak Menular. Nah nanti dalam SOTK yang baru Kasi PTM itu tersendiri,” jelas Balerina.

Perlu diwaspadai, sebab data yang tercatat di DKK Balikpapan hingga November 2016 PTM hipertensi sudah mencapai 10.007 kasus, stroke 291 kasus, diabetes 2.874 kasus dan hepatitis B mencapai 108 kasus. Balerina menjelaskan, terjadinya peningkatan jumlah PTM dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, penerapan hidup sehat dapat mencegah penyakit ini. Upaya yang bersifat preventif penting dilakukan untuk menekan peningkatan penyakit tidak menular. Salah satunya dengan makan teratur sesuai dengan kebutuhan dan menjaga komposisi nutrisi yang seimbang. “Diet seimbang bisa mencegah kejadian penyakit tidak menular,” ungkapnya. Disamping itu, upaya pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan melakukan cek kesehatan secara berkala, menghindari paparan asap rokok, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *