background img

UMK BALIKPAPAN BELUM FINAL

4 years ago written by

Balikpapan – Upah Minimum Kota (UMK) Balikpapan pada tahun 2017 akan ditetapkan pada 21 November 2016 mendatang. Sejauh ini pembahasan tingkat akhir antara Dewan Pengupahan (DP) dengan Pemerintah Kota dalam hal ini Disnakersos (Dinas Tenaga Kerja dan Sosial) belum menghasilkan kata sepakat, sehingga belum ada putusan final. “Sudah dibahas tapi belum final. Masih belum ada kata sepakat antara Serikat Pekerja dengan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia). Bukan tidak setuju, tapi belum memberikan jawaban yang pas. Kita tunggu sehari atau dua hari ini,” kata Kepala Disnakersos Balikpapan Tirta Dewi saat ditemui KPFM, Senin (7/11).

Tirta menjelaskan, kenaikan UMK 2017 berdasarkan acuan PP 78 tahun 2015 yakni 8,25 persen. Disnakersos memberikan waktu bagi pihak-pihak terkait untuk berunding mengingat ada batas waktu yang harus ditepati untuk penetapan. “Kalau provinsi kan sudah ditetapkan, nah untuk UMK kota paling lambat 21 November sudah diputuskan,” ujarnya.

Menurut Tirta, jika pembahasan UMK 2017 kota Balikpapan buntu maka keputusan sepenuhnya diserahkan kepada Walikota selaku pengambil kebijakan. Seperti diketahui, kenaikan UMK ini mengacu pada Upah Minumum Provinsi (UMP) 2017, dimana penetapannya sebesar Rp 2.339.556. Sementara usulan DP Balikpapan sebesar Rp 2,4 juta. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *