background img

UKM JADI WARISAN EMPAT TURUNAN

4 years ago written by

Balikpapan – Dua tahun terakhir Kaltim mengalami pertumbuhan ekonomi yang stagnasi. Bahkan tahun ini perekonomian Balikpapan kurang menggeliat. Bukan hanya karena dampak menurunnya industri tambang, tetapi juga defisit keuangan daerah. Ini menjadi awal kebangkitan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk semakin berkembang.

Istri Walikota Balikpapan sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Arita Rizal Effendi Kamis (13/10) mengatakan, kota-kota lain di Indonesia seperti Yogja dan Solo, UKM bisa menjadi warisan empat turunan, baik itu di bidang garmen, batik, maupun kuliner. Sehingga ketika anak cucunya menyelesaikan pendidikan, mereka sudah mendapatkan modal dari warisan orang tuanya. Hal inilah yang belum dimiliki oleh sebagian besar warga Kaltim, khususnya Balikpapan. Karena selama ini masih banyak bergantung pada kayu, tambang, dan migas.

Menurut Arita, sudah saatnya warga yang mempunyai keahlian bisa menyesuaikan dengan kondisi zaman saat ini dan harus dikembangkan. Di Kaltim sudah ada produsen yang menunjukkan produk unggulnya, seperti Sarung Samarinda. Balikpapan sendiri mempunyai motif batik khas yang sudah ada sejak tiga tahun lalu. Salah satu kegiatan yang diadakan Arita melalui PKK untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan warga Balikpapan, yaitu agenda tahunan lomba desain motif batik.

Tahun ini salah satu pengrajin Balikpapan mengembangkan tenun batik, dan di bawah Kementerian Perdagangan sedang ditampilkan pada bazar di Oeman. “Semoga di tahun 2017 Balikpapan sudah bisa mengembangkan tenun batik tersebut. Kami mempunyai keyakinan bahwa Balikpapan bisa menjadi kota kreatif di Kalimantan seperti halnya Pekalongan,” kata Arita. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *