background img

TOTAL SOLAR ECLIPSE

5 years ago written by

Gerhana akan terjadi di Asia Pasifik pada hari Rabu, 9 Maret, dan akan terlihat dalam bermacam-macam fase mulai dari Jepang sampai ke Australia. Siang hari akan berubah menjadi malam bagi jutaan orang, saat bulan melintas tepat di depan matahari dan menyebabkan gerhana matahari total.

Pada hari Rabu, 9 Maret, penduduk di beberapa bagian Australia dan Asia Tenggara akan dapat menyaksikan gerhana matahari total ini. Fenomena ini juga akan dapat terlihat di Hawaii, pada garis tanggal internasional sebelah timur, di mana penanggalan masih akan menunjukkan hari Selasa, 8 Maret. Bagi mereka yang berada di wilayah yang lebih jauh ke barat atau timur di Eropa dan Amerika, hari sudah akan malam, sehingga matahari tidak akan terlihat.

Hal yang paling penting

Jangan melihat langsung ke matahari.
Gerhana ini sendiri dapat dilihat secara aman dengan mata telanjang hanya dalam waktu beberapa detik saja, dan hanya jika Anda berada di lokasi di mana matahari benar-benar tertutup seluruhnya oleh bulan.
Melihat secercah saja sinar matahari pada saat terjadi gerhana dapat mengakibatkan kerusakan mata permanen atau kebutaan.
Dan kacamata hitam Anda pun tidak akan membantu. Baca terus untuk mengetahui cara paling aman menyaksikan gerhana.

Cara menyaksikan gerhana

Seperti yang telah kami peringatkan di atas: jangan melihat langsung ke arah matahari. Meski begitu, ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk melihat matahari dengan aman. Anda dapat membeli “kaca mata tukang las nomor 14” dari toko peralatan las atau dari beberapa toko perkakas lainnya. Anda juga dapat menggunakan mylar beraluminium yang dapat dipotong dengan gunting.

Article Categories:
Events

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *