background img

TNI-POLRI SIAPKAN RATUSAN PERSONEL

4 weeks ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan pada Jumat (5/6) mengeluarkan kebijakan relaksasi fase pertama terhadap pusat perbelanjaan atau mall serta restaurant. Kebijakan tersebut efektif berlaku Sabtu 6 Juni 2020.

Meski mulai dibuka kembali, mall dan restaurant tidak dapat beroperasi seperti biasanya. Sebab, harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Soal ini, TNI dan Polri telah menyiapkan personel dalam menjaga kedisiplinan masyarakat.

Seperti yang disampaikan Dandim 0905 Balikpapan, Kolonel Arm I Gusti Putu Sujarnawa. Pihaknya menyiapkan setidaknya 105 personel dari Kodim untuk membantu pengawasan penerapan protokol kesehatan.
“Bapak Walikota sudah mengambil kebijakan relaksasi di beberapa kegiatan, salah satunya yang besok akan dilaksanakan di tempat perbelanjaan dan restaurant. Sehingga kami dari aparat keamanan akan bersinergi melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan di tempat-tempat yang sudah direlaksasi,” katanya saat pres rilis di halaman Kantor Walikota, Jumat (5/6) sore.

Ia menyebut, nantinya petugas akan secara intensif melaksanakan pengawasan di beberapa titik. Hal ini akan terus dipantau guna mencegah penularan Covid-19 semakin meluas. Tentu metode pendekatan persuasif dilakukan agar warga bisa memahami dan menerapkannya dengan baik.

“Metode yang kami lakukan adalah secara persuasif. Kami mengedepankan itu. Masyarakat Balikpapan adalah masyarakat terpelajar sehingga yakinlah masyarakat Balikpapan bisa mengikuti imbauan ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi juga mengatakan, pihaknya akan bersinergi dengan TNI dalam membantu pengamanan di beberapa titik yang dilonggarkan tersebut.

“Kami selalu koordinasi dengan TNI dan mendapat arahan dari Polda. Pada prinsipnya kita secara personel maupun di lapangan kita sudah siap. Sedikitnya 200 lebih. Tinggal nanti eksekusinya di lapangan. Tetapi kembali lagi pada kesadaran dari masyarakat yang kita harapkan,” ucapnya.Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *