background img

TNI DAN WARGA SERBU MONPERA

4 years ago written by

Balikpapan – Ratusan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) bersama warga Balikpapan menyerbu pantai Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) depan Markas Kodam VI/Mulawarman, jalan Jend Sudirman, Sabtu pagi (5/11). Mereka melakukan aktivitas sosial kerja bakti massal membersihkan bibir pantai pantai dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November mendatang.

Kegiatan ini diawali apel kebersihan yang dipimpin Walikota Balikpapan Rizal Effendi beserta jajaran FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah).  Rizal mengatakan, Balikpapan yang menjadi salah satu penerima Adipura Paripurna dari 540 kota di Indonesia, dan sudah kesekian kali, menjadi kota percontohan beberapa daerah lain. Salah satu aktivitasnya adalah membersihkan sampah di bibir pantai yang merupakan potensi pariwisata terbaik di Balikpapan.

Menurutnya, tak cukup hanya petugas DKPP yang membersihkan, tapi juga harus ada andil masyarakat. Dia berharap dengan kerja bakti massal ini terus menumbuhkan kesadaran warga dalam pengelolaan sampah. Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Infanteri Heri Setya Kusdiantana sebagai penggagas kegiatan bersih-bersih pantai ini mengatakan, kerja bakti sudah selayaknya dilakukan bersama antara TNI, Polri, jajaran Pemerintah Kota dan seluruh komponen masyarakat. Suksesnya pembangunan suatu daerah itu salah satunya diukur dari kebersihan kotanya.

Ada sekitar 600 orang bersih-bersih. Selain memungut sampah di pantai, mereka juga menyasar aliran sungai di Prapatan. Termasuk membersihkan pasar. “Ke depannya kita akan ciptakan program kebersihan yang sifatnya pembagian sektor TNI Balikpapan,” tambah Heri. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *