background img

TINDAK TEGAS OKNUM DISHUB PUNGLI

4 years ago written by

Balikpapan – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan, pihaknya akan menindak tegas oknum Dishub yang berprilaku tidak terpuji di lapangan, menyusul dugaan pungutan liar (pungli) dengan mengutip uang dari jukir liar di kawasan Ruko Bandar dan kawasan lainnya.

Seperti diberitakan, Walikota Balikpapan Rizal Effendi menerima laporan adanya oknum Dishub menarik setoran Rp 300 ribu per orang dari juru parkir liar. Jika terbukti, maka yang bersangkutan terancam dipecat. “Kami akan langsung tindaklanjuti dugaan pungli tersebut. Saya sendiri yang akan melakukan penyelidikan,” jelas Sudirman saat dikonfirmasi KPFM, Selasa (25/10).

Ia juga mengaku bila saat ini pihaknya belum bisa memastikan apakah jukir tersebut resmi atau tidak. Dalam minggu ini Dishub bersama Satpol PP akan melakukan penertiban di beberapa tempat yang dianggap rawan. Sudirman juga menghimbau kepada masyarakat agar bisa membedakan antara jukir binaan Dishub dan jukir liar.

Menurutnya, jukir binaan ditandai dengan kepemilikan karcis. Setiap hari mereka mengambil karcis ke kantor Dishub. Ada dua jenis karcis, untuk motor 100 lembar masing-masing Rp 1.000 per lembar.  Untuk mobil 100 lembar masing-masing Rp 2.000 per lembar. “Kalau jukirnya pakai karcis berarti itu binaan Dishub. Kalau tidak pakai karcis kemungkinan besar itu parkir liar,” jelasnya.

Keberadaan jukir liar ini diharapkan dapat ditertibkan, dan dibina agar tidak berpotensi merugikan pemerintah. Sebab, retribusi dari 70 kantung parkir di Balikpapan memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada semester 1 tahun 2016 sebesar Rp 1 miliar lebih. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *