background img

TIGA RUMAH DI PERUMAHAN POSINDO JEBOL

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Hujan yang mengguyur Kota Balikpapan pada Jumat (5/6) dini hari sejak pukul 02.00 Wita telah merubah sebagian wilayah di Kota Balikpapan menjadi genangan air.
Genangan air dengan kedalaman cukup parah telah melumpuhkan sejumlah titik. Tak hanya banjir, sejumlah rumah warga juga nyaris ambruk akibat derasnya aliran air.

Seperti yang terjadi di perumahan Posindo RT 34, Kelurahan Damai, Balikpapan Selantan (Balsel). Sedikitnya tiga buah rumah warga jebol dan nyaris ambruk.

Salah seorang warga yang rumahnya jebol adalah Suyono. Saat ditemui KPFM di rumahnya, ia bercerita jika hujan mulai turun sekitar pukul 02.00 Wita, dengan intensitas sedang. Kemudian, sekira pukul 03.30 Wita intensitasnnya semakin tinggi.

“Mulai deras itu pukul 03.30 Wita. Dan saat itu saya juga sudah merasakan air mulai masuk ke dalam rumah. Awalnya tidak terlalu dalam, tapi lama-lama tambah tinggi,” cerita Suyono.

Beberapa saat kemudian, Suyono mengaku mendengar suara roboh dari belakang rumahnya. Ia pun langsung lari keluar rumah bersama keluarga untuk menyelamatkan diri. “Saya dengan ada bunyi seperti suara roboh dari belakang, terus saya dan keluarga langsung lari keluar menyelamatkan diri,” ujarnya.

Ia mengaku tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga miliknya. Saat itu, yang dia pikirkan hanya menyelamatkan keluarga. “Barang berharga hilang semua, terbawa air. Seperti Ijazah, dompet dan barang berharga lainnya,” ungkap Suyono.

BANJIR TERPARAH
Dari informasi yang dihimpun KPFM, di perumahan Posindo RT 34, Kelurahan Damai, Balikpapan Selatan itu rupanya sering dilanda banjir di saat turun turun. Namun, banjir kali ini diakui sebagai banjir terparah.

“Sering banjir, cuma kali ini melebihi dari biasanya. Sampai penampungan parit tidak mampu lagi, akhirnya air lari ke tanah yang kosong dan rumah warga,” kata ketua RT 34 perumahan Posindo saat ditemui KPFM.

Ia mengaku, hampir sumua warga di RTnya terendam banjir. “Semua kena, ada 106 KK yang terendam dan tiga rumah yang jebol dindingnya,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *