background img

TIGA PEJABAT DIMUTASI

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menggelar mutasi jabatan sekaligus pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas, kepala sekolah, pejabat fungisional dan kepala satuan pendidikan nonformal di lingkungan Pemkot Balikpapan, Selasa (7/1) di Aula Kantor Walikota Balikpapan.

Dari data yang diterima KPFM, sedikitnya ada tiga orang pejabat tinggi yang dimutasi oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. Di antaranya, Kepala Inspektorat Daerah Dahniar yang dipindah menjadi Asisten III bidang administrasi umum. Jabatan lama Dahniar diisi Tirta Dewi yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Ketenagakerjaan.

Kemudian Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM Doortje Marpaung kembali menjadi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) yang ditinggal Oemy Facesli. Sedangkan jabatan Dinas Perindustrian Koperasi dan  UMKM dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan saat ini kosong atau diisi Plt.

Tiga pejabat ini menjalani mutasi dan pelantikan bersam 121 pejabat lain, yakni 18 orang administrator, 53 pengawas dan 50 kepala sekolah dan jabatan fungsional.

“Total pejabat yang dilantik sebanyak 124 orang. Saya mohon maaf pergeseran ini. Berat juga, saudara  ibu Dahniar cukup berhasil memimpin inspektorat. Dengan segala kekurangan dan kelebihan kita berhasil. Dan kemudian dipindahkan menjabat Asisten III, ” kata Rizal dalam sambutannya.

Rizal pun berharap, pejabat baru Inspektorat Tirta Dewi bisa segera menyesuaikan diri dengan segala pengalamannya. “Penggantinya Bu Tirta, salah satu pejabat yang disebut pejabat keras kepala. Saya berharap bisa meneruskan prestasi yang dicapai Bu Dahniar,” ujarnya.

Kembalinya Doortje Marpaung ke Disporapar juga diharapkan bisa mengangkat sektor pariwisata. Karena ke depan sektor pariwisata sangat penting dengan ditetapkannya Kaltim sebagai ibu kota yang baru.

“Saya juga mohon maaf mengembalikan bu Doortje ke Disporapar. Harapannya bisa mengangkat sektor pariwisata karena ke depannya sektor ini sangat penting dengan penetapan ibu kota negara di Kaltim. Ini kesempatan baik memajukan sektor pariwisata,” ungkapnya.

Dalam mutasi ini, terdapat beberapa jabatan sekretaris juga mengalami perubahan. Seperti Sekretaris Disdikbud Budi Mulyono dipindahkan menjadi sekretaris BPKAD. Posisinya digantikan oleh Guntoro. Pelantikan juga menyentuh posisi jabatan Camat dan Lurah.

“Bagi pejabat yang dipercaya menjadi Camat dan Lurah, ini menjadi ujung tombak Pemerintah Kota. Camat dan Lurah bisa jalankan amanah ini sebaik-baiknya. Apalagi sekarang ini Lurah sudah ada dana kelurahan,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *