background img

Terjaring Razia, Sidang Tipiring Satpol PP Memanas

4 years ago written by

Balikpapan – Sebanyak 320 warga pendatang yang terjaring pada Razia Yustisi beberapa hari yang lalu melaksanakan sidang tindak pidana ringan (tipiring) di kantor Satpol PP Balikpapan pada Kamis, 21 Juli 2016. Ratusan warga pendatang tersebut lantas memenuhi kantor Satpol PP untuk menunggu giliran sidang tipiring.
Kepala Seksi Operasional, Subardiyono mengatakan bahwa mereka akan dikenakan sanksi administratif yakni harus membuat surat domisili dan diketahui ketua RT setempat. Pasalnya menurut Subardiyono, para pendatabg tersebut rata-rata tidak membawa identitas lengkap serta surat keterangan pindah dari kota asal mereka. Menurut Subardiyono, alasan para pendatang migrasi ke Balikpapan bermacam-macam. Ada yang mengaku bekerja di Balikpapan, serta ada pula yang iseng datang ke Balikpapan untuk mencoba peruntungannya.
Dalam sidang tersebut sempat terjadi adu mulut antara salah satu warga pendatang dan Hakim lantaran warga tersebut tak memahami prosedur persidangan. Yakni mencoba untuk mengambil KTP teman-temannya berjumlah 100 orang yang bekerja sebagai buruh kasar disalah satu perusahaan namun tanpa ada surat penunjukkan langsung dari perusahaan tersebut.
Diketahui para pendatang tersebut terjaring saat pihak Satpol PP mengelar razia di Pelabuhan Semayang dengan sasaran Kapal Nggapulu dari Surabaya pada tanggal 15 Juli 2016. (Riyadi/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *